Wah! Panglima TNI ke Anambas, Apa Penyebabnya?

0
249

 

TAREMPA, ANAMBASPOS.COM – Besok  Panglima TNI, Jenderal (TNI) Gatot Nurmantiyo, dijadwalkan  akan tiba di  Anambas. Salah satu penyebeb kedatatangan orang nomor satu dijajaran TNI itu  ke Anambas  adalah untuk  melihat secara langsung keberadaan Landing Station milik PT Sacofa. Sebuah perusahaan asing yang bergerak pada jasa telekomunikasi fiber optic. Diduga  perusahaan itu belum miliki kelengkapan perizinan. Sebelumnya perusaan itu sempat disegel. Dan dilepas lagi oleh Tim Lintas Instansi dan Kementerian.

“Panglima TNI dijadwalkan melihat langsung PT Sacofa di Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas,” ujar Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Johan Wahyudi Senin (3/4/2017) seperti ditulis sejumlah media di Anambas sebelumnya.

Dalam rapat persiapan penyambutan di Ruang Rapat Mako Lanal Tarempa, Johan menambahkan, selain akan melihat langsung Landing Station di Jalan Takari RT 05/RW III nomor 44 Desa Tarempa Barat Kecamatan Siantan. Panglima beserta rombongan juga akan bedialog dengan prajurit TNI yang bertugas di daerah perbatasan ini.

Johan menegaskan, meskipun TNI AL khususnya Lanal Tarempa diamanahkan menyambut  kedatangan  Panglima TNI bersama rombongan, namun dukungan serta partisipasi dari pihak lain, khususnya instansi terkait menjadi hal penting dalam kunjungan Panglima TNI yang pertama kali dilakukan di Anambas ini. Sejumlah rute alternatif pun, telah disusun untuk kedatangan ke Tarempa.

Selain menggunakan pesawat dari Bandara Khusus Matak yang akan didukung oleh KRI Barakuda 633 menuju Tarempa, alternatif lain dengan mempersiapkan lapangan Sulaiman Abdullah untuk tempat mendarat helikopter.

“Kami sudah disiapkan  alternative  untuk  penjemputan  Panglima. Kedatangan Panglima TNI ini, bukan hajat TNI saja, melainkan semua pihak,” katanya.

Pihaknyapun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap beraktivitas seperti biasa, meskipun Panglima TNI melakukan kunjungan ke Anambas. Meski demikian, kondusifitas dan kewaspadaan dini menjadi hal mutlak yang perlu dijaga di Anambas.

“Masyarakat tidak perlu khawatir. Silahkan beraktivitas seperti biasa. Namun tetap menjaga kondusifitas,” katanya.

Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC –PP) Kepulauan Anambas, Arpandi, S.H.I menyambut baik atas kedtangan Panglima TNI tersebut. Pihaknya merasa lega sebab, Anambas kini telah menjadi perhatian khusus oleh petinggi naegara. Sebelumnya MPC PP Kepulauan Anambas memberikan dukungan terhadap pihak TNI yang telah mengamankan perusahaan PT. Sacofa tersebut sebab menyangkut dengan kepentingan kedaulatan bangsa.

“Tentu kami menyambut baik atas kunjungan panglima. Setidaknya kami merasa lega sebab soal kedaulatan bangsa telah menjadi perhatian panglima di wilayah ini. Semoga ke depannya Anambas diperhatikan lebih baik oleh ring satu pemerintah pusat,” sebut Arpandi. (Ril)