Pengembangan Pembangunan Kota Anambas Mengarah Ke Wilayah Selatan

0
833

Anambaspos.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) bakal mengembangkan kota ke wilayah selatan Anambas, yang akan dikhususkan untuk pelabuhan bongkar muat. “Dari kajian yang dilakukan untuk pelabuhan bongkar muat itu diarahkan ke bagian selatan daerah ini,” demikian disampaikan Bupati KKA Abdul Haris, SH, Selasa (15/8).

Orang nomor satu KKA itu mengungkapkan, untuk jangka panjang memang hal ini pantas dilakukan, mengingat di Kota Tarempa saat ini sudah semakin padat, sedangkan untuk di kembangkan sudah agak sulit.”Selain memudahkan bongkar muat nanti juga akan terjdi pengembangan wilayah,”paparnya.

Haris mengakui, di Anambas saat ini untuk areal pelabuhan tarempa dari sisi fasilitas memang sangat riskan, belum lagi kondisi jalan serta alat angkut itu sendiri. Hal ini dikarenakan memang saat ini sudah tidak ada pilihan lagi.

“Menggunakan mobil untuk angkutan di pelabuhan tidak bisa karena kondisi jalan, saat ini tosa menjadi andalan untuk mengangkut barang,” paparnya. Saat ini Lanjut Haris, pihaknya berupaya agar pelabuhan bongkar muat tidak mengganggu lalu lintas, selain itu pihaknya juga akan menyiapkan sejumlah fasilitas agar aktivitas bongkar muat menjadi lebih lancar.

Haris mencontohkan Kota Tanjung Pinang ataupun Natuna kedua daerah itu pelabuhannya jauh, namun dipelabuhan tersebut dilengkapi sejumlah sarana dan prasarana sehingga aktivitasnya menjadi cepat.

Kendati demikian Haris mengakui, jika saat ini Anambas juga mengalami kendala lain yaitu masih minimnya gudang. Jika ada gudang dipastikan bongkar muat akan lebih mudah dan pastinya akan menurunkan harga angkut.

“Apabila ada gudang maka harga angkut akan jauh lebih murah dan harga barang akan menurun,” imbuhnya. (red/hn)

Sumber : haluankepri