Honda Vision XS-1, Kakak HR-V dari Cina

0
53 Orang

Anambaspos.com – Honda sedang berencana memproduksi mobil konsep mereka, Vision XS-1. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di ajang Delhi Auto Expo 2014 dan tampil sebagai kendaraan di kelas crossover MPV dan SUV.
Kabar ini datang dari SINA, media Cina, yang menyatakan versi produksi mobil ini bakal ditampilkan Honda dalam waktu dekat. Vision XS-1 memiliki konfigurasi kursi tiga baris dan mampu menampung tujuh penumpang.

Hal ini cukup mengejutkan, pasalnya kali pertama diperkenalkan di 2014, Honda menyatakan Vision XS-1 merupakan produk masa depan. Mereka secara tegas menyatakan mobil ini tidak akan masuk jalur produksi. “Tidak ada rencana untuk produksi massal produk ini,” papar Honda dalam sebuah pernyataan kala itu.

Tampilan Vision XS-1 memiliki tampang layaknya mobil crossover dengan bodi yang kompak, perawakan jangkung dan paras yang tegas. Untuk mempermudah akses keluar masuk penumpang, Honda memasangkan pintu geser besar untuk akses seluruh kabinnya. Penggunaan pintu praktis ini, sesuai dengan filosofi desain Honda yang memaksimalkan konsep M/M (man maximum/Machine minimum). Dengan konsep ini, Honda bermaksud memberikan ruang seluas mungkin bagi manusia dengan komponen seminim mungkin.

Konsep Honda Vision XS-1 bermesin bensin naturally aspirated berkapasitas 1.5 liter. Transmisinya menggunakan continuously variable (CVT). Namun untuk model produksi Vision XS-1, hingga saat ini informasi teknisnya masih belum tersedia. Kalau Anda bingung bagaimana tiga baris kursi bisa masuk di dalam bentuk yang compact itu, Anda tidak sendirian. Tapi Honda terkenal dengan kelihaiannya mengatur konfigurasi kabin, jadi tunggu saja.

Jika jadi diproduksi, menurut SINA, di pasar negeri tirai bambu Vision XS-1 diposisikan di antara Honda Vezel (HR-V) dan Honda XR-V. Baik Vezel dan XR-V adalah produk satu platform. Sekadar informasi, supaya tidak bingung, Honda Vezel dijual lewat perusahaan gabungan Honda dengan Guangqi, dibanderol 1.28.800 yuan atau setara Rp 263 juta.

Sementara XR-V merupakan Vezel versi Cina yang sedikit dimodifikasi sesuai pasar domestik. Model tersebut dipasarkan oleh perusahaan joint venture Honda dan Dongfeng. Mereka menjual dengan harga sedikit lebih murah dari Vezel, 1.27.800 yuan atau setara Rp 260 jutaan.

Kenapa XS-1 diposisikan di antara keduanya? Entahlah. Pasar otomotif di Cina memang unik. (Red/Auto)

Foto : Auto Future