Dua Tahun Menanti, Anggaran TPQ Tak Kunjung Masuk RAPBD

0
209 Orang

F-PPP Plus Soroti Pemberdayaan Keagamaan

ANAMBASPOS.COM, TAREMPA – Porsi Anggaran dalam Struktur Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran 2018 yang diajukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kepulauan Anambas kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Anambas, dinilai belum memenuhi Visi dan Misi Haris-Wan dalam hal pembinaan keagamaan bagi masyarakat luas.

H.Dhannun saat mengunjungi salah satu TPQ di Desa Air Putih

Demikian salah satu persoalan penting yang menjadi sorotan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Plus, sebagaimana tertuang dalam materi Pandangan Umum Fraksi yang disampiakan dalam Rapat Paripurna dengan Agenda mendengarkan Pandangan Umum Fraksi di DPRD Kepulauan Anambas sebagai rangkaian tahapan pembahasan RAPBD Kepulauan Anambas Tahun 2018.

“Fraksi PPP Plus menilai ada yang belum sesuai dengan Visi-Misi Haris-Wan yang kini telah menjadi Visi-Misi Pemda Anambas, yaitu dalam hal kebijakan anggaran untuk pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) secara luas untuk bidang keagamaan,” kata Sekretaris F-PPP Plus, H. Dhannun kepada anambaspos.com, Senin (27/11/2017).

Padahal kata Dhannun, sektor keagamaan menjadi proritas utama dalam Visi-Misi Haris-Wan yang ingin menjadikan masyarakat Kepulauan Anambas berakhlak mulia seperti tertuang dalam Adraf Anambas Bermadah 2021.Dia menyayangkan salah satu instrument yang dapat memperkuat upaya peningkatan SDM  di bidang keagamaan seperti TPQ tidak diberdayakan di Kepulauan Anambas.

“Berangkat dari Visi-Misi Haris-Wan tersebut, dimana ingin menciptakan Kepulauan Anambas sebagai daerah yang berahlak mulia, sejatinya peningkatan SDM-nya harus dimaksimalkan. Diantaranya menurut saya, peran dan funsi Taman Pendidikan Al-Quaran (TPQ) layak diberdayakan. Saya menyayangkan hal ini tidak masuk dalam RAPBD yang diajukan, padahal sudah sejak dua tahun terakhir kita sampaikan persoalan ini ke pihak Pemda Kepulauan Anambas,” sebut Dhanun.

Sebab lanjut Dhanun, dengan memberdayakan TPQ, anak-anak usia didik sejak dini akan mendapatkan pendidikan keagamaan yang maksimal. Maka ke depannya SDM di bidang keagamaan diyakini akan mengalami perkembangan. “Jika SDM bidang keagamaan meningkat, logikanya apa yang termuat dalam Visi-Misi Haris-Wan itu dapat terwujud,” paparnya.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH mengatakan bahwa pihak Pemda Kepulauan Anambas belum dapat memasukan anggaran untuk kegiatan TPQ tersebut disebabkan karena data pendukung belum dimiliki. Hingga saat ini pihaknya mengaku masih dilakukan pendataan.

“Datanya tidak ada, kita masih dalam proses pendataan,” terang Haris seperti yang disampaikannya dalam pidato nota keuangan RAPBD Tahun 2018 pada Rapat Paripurna di DPRD Kepulauan Anambas, kemarin. (red/ap)