Fenomena Padamnya Listrik di Tarempa Dipertanyakan

0
31 Orang
ANAMBASPOS.COM, TEREMPA –  Listrik di Kota Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas setiap hari Sabtu dan Minggu mengalami pemadamaan secara rutin. Fenomena padamnya listrik pada hari Sabtu dan Minggu tersebut sudah berlangsung sejak dua bulan terakhir.Tidak hanya itu saja, sesekali dalam durasi 20 menit listrik di Kota Tarempa pun terpantau  kerap padam dalam setiap minggunya. Kondisi padamnya listrik pada Sabtu dan Minggu ini akan berlangsung hingga dua bulan ke depan.
Muslim
Kepala PLN Rayon Tarempa, Jannatul Firdaus ketika dikonfirmasi bahwa padamnya listrik pada hari Sabtu dan Mingu tersebut disebabkan karena adanya perbaikan jaringan.
“Saat ini sedang ada perbaikan jaringan pak, sehingga kita melakukan pemadaman,” terang Jannatul Firdaus melalui sms yang dikirimkannya kepada anambaspos.com belum lama ini.
Pemadaman secara total itu, kata Jannatul Firdaus, dikarenakan perbaikan yang dilakukan terdapat pada jaringan paling atas yang bertegangan tinggi.“Jaringan yang diperbaiki itu yang paling atasnya pak, jadi harus padam total,” jelasnya lagi.
Kondisi tersebut membuat Ketua Lembaga Swadaya (LSM) Forum Pemantau Kebijakan Publik Provinsi Kepulauan Riau (FPKP2-KR) Koordinator Wilayah (KW)  Kepulauan Anambas, Muslim, merasa heran. Muslim mempertanyakan kinerja pihak Manajemen PLN Rayon Tarempa yang terkesan kurang profesional dalam melakukan pemadaman tersebut.
Di zaman yang serba canggih saat ini, semestinya menurut Muslim, pihak Manajemen PLN harus telah memiliki infrastruktur jaringan yang canggih pula, karena PLN merupakan institusi yang diberikan tugas oleh negara sebagai pelayanan terhadap masyarakat.
“Aneh bagi saya, perbaikannya pada satu titik, misalanya kemarin dari Pasir Manang hingga Mesjid Jami’, tapi semua lokasi di Kota Tarempa  listriknya padam, termasuk di wilayah Tanjung. Begitu juga ketika perbaikan jaringan di Rintis, kenapa seluruh Kota Tarempa juga padam?. Sekarang inikan zaman sudah canggih, sudah harus ada infrastruktur  pendukung agar tidak harus padam total,” ujar Muslim
Dia menduga pihak PLN Rayon Tarempa hanya mencari-cari alasan untuk memadamkan listrik tersebut, karena untuk menghemat BBM. “Kalau perbaikan di satu titik ya, di situ saja yang dipadamkan, jangan dipadamkan semuanya. Kalau setiap hari ada perbaikan jaringan lalu bagaimana, apa harus setiap hari listrik di Kota Tarempa ini mengalami pemadaman?, kan tidak masuk akal, tandasnya. .
Keua Pemuda Muhammadiyah Kepulauan Anambas itu pun menduga ada penghematan BBM, karena setiap pemadaman tentu BBM nya tidak terpakai.Sedangkan kuota BBM setiap tahunnya sudah ditentukan. ” Dengan kondisi seperti ini, logikanya stok BBM mengalami kelebihan,” lantas kemana sisa BBM tersebut?,” tanyanya lagi.(red/ap)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here