Upaya Penguatan Ideologi Bangsa, Pemuda Pancasila Anambas Gelar Diskusi Publik

0
41 Orang

ANAMBASPOS.COM,TAREMPA – Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kepulauan Anambas menggelar Dialog Publik bertajuk Penguatan Ideologi Bangsa di daerah Terluar Terdepan. Kegiatan itu digagas sebagai bentuk respon terhadap sejumlah isu yang berkembang belakangan ini di tanah air terkait tindakan radikalisme dan intoleransi. Kegiatan berlangsung di Aula Hotel Tropical Inn, (21/2017) jelang tutup tahun kemarin.

Ketua MPC PP Anambas, Arpandi, S.HI meyampaikan sambutan pengantar kegaitan

Di hadapan Bupati, Sekda Kepulauan Anambas, dan sejumlah undangan yang hadir pada kesempatan itu, Ketua MPC PP Kepulauan Anambas Arpandi, S. HI, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya merasa perlu mendiskusikan kondisi tersebut mengingat Kepulauan Anambas berada di daerah perbatasan yang berhadapan langsung dengan negara luar.

“Kami dari Ormas Pemuda Pancasila Kepulauan Anambas memandang bahwa, isu-isu terkait adanya tindakan radikalisme, intoleransi, dan yang sejenisnya itu, perlu didiskusikan bersama anak bangsa di daerah ini karena sangat membahayan NKRI,” sebut Arpandi.

Arpandi mengharapkan bahwa, melaui media diskusi tersebut akan lahir pemikiran dan gagasan yang positif dan solutif dari semua elemen, baik masyarakat, TNI, Polri, Pemerintah dan pihak terkait lainnya, sebagai upaya untuk Penguatan Ideologi Pancasila di Kepulauan Anambas yang notabenenya jauh dari jangkauan Pemerintah pusat.

Pemandu Diskusi Publik, Asril Masbah saat berlangsungnya diskusi

”Diskusi ini kami lakukan, harapannya adalah bagaimana ada pemikiran dan komitmen bersama untuk melahirkan sebuah upaya nyata agar pengutan Ideologi Pancasila itu benar-benar terjadi di daerah,” pintanya.

Dia menambahkan pula bahwa, ada celah yang dapat di follow up ke Pemerintah Provinsi dan Pemrintah Pusat terkait dengan program Penguatan Ideologi Pancasila tersebut mengingat saat ini telah dibentuk Unit Kerja Presiden (UKP) yang bekerja dalam rangka Penguatan Ideologi Pancasila.

“Ada UKP terkait Penguatan Ideologi Pancasila yang dibentuk presiden, saya kira kita secara bersama-sama perlu menindaklanjutinya sejauh mana program itu untuk daerah,” ucapnya.

Semenatra itu, Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH dalam sambutannya pada acara itu, menyambut baik diadakannya kegiatan diskusi Pengutan Ideologi Pancasila yang dilakukan oleh Ormas Pemuda Pancasila Kepulauan Anambas tersebut. Diapun memberikan dukungan penuh untuk terealisasinya uapya penguatan Ideologi Pancasila di Kepualuan Anambas yang digagas oleh Pemuda Pancasila.

“Selaku Pemerintah daera, saya menyambut baik dengan digagas dan dilakukannya kegaitan Diskusi Publik Pengutan Ideologi Bangsa ini. Persatuan dan kesatuan tentu harus kita kedepankan. Pemuda Pancasila saya kira harus maju terus,” ucap Haris sembari membuka secara resmi kegaitan tersebut.(red/ap)