Wagub Resmikan Kandang Sapi Komunal di Bukit Padi

0
260
Saat berlangsungnya peresmian

Gusti : Ini Kandang Sapi Terbaik dan Termegah se- Kepri

JEMAJA TIMUR, anambaspos.com – Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) H. Isdianto meyakini bahwa Kabupaten Kepulauan Anambas mampu menjadi sentra pertanian di Kepri. Terkait itu program pengembangan dan pembinaan pertanian di Kepulauan Anambas, diminta untk terus ditingkatkan.

Kandang Sapi Komunal di Desa Bukit Padi

Penegasan tersebut disampaikan H. Isdianto usai menghadiri Pelatihan dan Peresmian Program Pertanian Terpadu Budidaya Padi Organik dan Peternakan Sapi Kabupaten Kepulauan Anambas yang berlangsung di Desa Bukit Padi, Kecamatan Jemaja Timur, Kepulauan Anambas, Jumat (28/12/2018).

Mengamati program pelatihan dan pembinaan yang telah dilakukan oleh pihak Bank Indonesia (BI) selama 5 tahun terakhir, di Kepulauan Anambas, Kata Isdianto,  dia optimis petani dan peternak di daerah tersebut, dapat maju dan berkembang.

“Para petani dan peternak lokal, harus bisa memasok sebagian besar kebutuhan. Terutama untuk kebutuhan pokok masyarakat di Anambas,” pintanya.

Sementara itu Kepala BI Provinsi Kepri Gusti Raizal Eka Putra, pada kesempatan yang sama mengungkapkan bahwa pembinaan terus dilakukan di Kepulauan Anambas. BI juga ikut ambil bagian dalam mendorong Anambas untuk bisa mewujudkan visi mengembangkan pertanian.

“Salah satunya melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yang dilakukan saat ini, sebagai wujud kepedulian dan komitmen kami dalam memajukan sektor pertanian dan peternakan di Anambas,” kata Gusti.

Menurutnya, dengan berbekal pelatihan, petani dan peternak di Anambas nantinya dapat terampil mengelola dan membuat pupuk berkualitas dari kotoran hewan ternak (MA-11).
“Kita harapkan para petani dan peternak lokal di Anambas ini, nantinya akan berhasil mengembangbiakan sapi-sapi hingga gemuk,” imbuhnya.

Dia menyebutkan bahwa Kandang Sapi Komunal dan Laboratorium yang dibangun di Anambas saat ini merupakan fasilitas yang terbaik di Provinsi Kepri yang dibangun oleh pihaknya. Pembangunan fasilaitas tersebut menggandeng tenaga ahli dari Universitas Gajah Mada (UGM) dan HIPMI Kepri sebagai pelaksana lapangan.

“Ini Kandang Sapi Komunal yang terbaik dan termegah se- Kepri yang sudah kita bangun,” ujarnya.

Bupati Kepulauan Anambas, ketika itu memberikan apreasiasinaya kepada pihak Pemprov Kepri dan BI yang telah memberikan dukungan penuh dalam ikut membantu Pemerintah Daerah (Pemda) Anambas dalam memajukan sektor pertanian di Kepulauan Anambas.

“Apresiasi dan rasa terimakasih yang tinggi kami sampaikan kepada Pemrov Kepri dan BI Perwakilan Kepri yang telah mendukung penuh pengembangan sektor pertanian di Anambas. Semoga melalui dukungan dan kerjasama yang baik ini. dapat membuahkan hasil yang baik pula bagi masyuarakat Anambas,” ucap Haris.

Terpisah, Ketua Kompartemen Sivil, Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Kepri, Dedi Supriadi menyambut baik atas program PSBI tersebut.

“Program ini sangat bermanfaat dan membantu masyarakat tempatan dalam peningkatan sumberdaya pertanian. Perlu dipertahankan dan ditingkatkan ke depannya,” kata Dedi melalui pesan what-upnya. (Red)