Dinkes Gelar Posbindu, Warga Tidak Mampu Bisa Cek Kesehatan Gratis

0
110

TAREMPA, anambaspos.com – Dinas Kesehatan PPKB Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) menggelar kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU). Pada kegiatan itu dilakukan  pengecekan Penyakit Tidak Menular (PTM) dan konsultasi kesehatan lainnya. Kegaiatan berlangsung di Halaman Kantor Dinkes KKA Jum’at (25/01).

Kepala Dinas Kesehatan KKA Harianto, S. IP terlihat turut mengecek kesehatan dirinya. Dia mengapresiai masyarakat yang ikut berpartisifasi memeriksakan kesehatan mereka pada kesempatan itu. Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Anambas, Amat Yani juga terlihat mengecek kesehatannya.

“Program ini sangat bagus untuk mengontrol kesehatan diri kita. Bahkan, masyarakat dapat mengikuti program yang dilaksanakan di setiap akhir bulan ini, ” ungkap Herianto kepada sejumlah  wartawan di sela-sela kegiatan berlangsung.

Menurutnya, kegiatan itu dapat menjangkau masyarakat yang terpencil di daerah dan memberikan manfaat. Khususnya bagi masyarakat yang tidak mampu dan jarang mengecek kesehatan secara rutin.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Pencegahan pengendalian penyakit (P2) Islam Malik menambahkan bahwa, kegiatan ini sudah berjalan empat tahun dengan sumber anggaran dari APBD.

Dirinya memaparkan, dari kegiatan itu terdapat berbagai gejala penyakit yang dapat dideteksi diantaranya kolestrol, asam urat, gula darah dan kadar sel darah merah.

“Rata-rata kolestrol lebih tinggi, gula juga tinggi, tetapi asam urat lebih banyak ditemukan, sedangkan gejala sel darah merah tidak begitu banyak ditemukan selama kegiatan ini,” paparnya.

Kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Dinas kesehatan ini sudah termasuk dalam program perioritas nasional untuk mendeteksi dini gejala penyakit di lingkungan masyarakat dan bersifat gratis tidak dipungut biaya.(Red)