Budidaya Rumput Laut di Anambas Terus Ditingkatkan

0
81
Salah satu jenis rumput laut yang berkulaitas.

TAREMPA, anambaspos.com – Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan (DP3) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) optimis bahwa program budidaya rumput laut yang digalakkan di KKA sejak beberapa tahun yang lalu akan sukses. Untuk itu, pihak DP3 KKA saat ini terus melakukan upaya agar program tersebut mencapai target yang diharapkan.

Demikian dikemukakan oleh Kepala Dinas (Kadis) DP3 KKA, Efi Sjuhairi, S. Sos menjawab anambaspos.com saat ditemui di Ruang Kerjanaya, Senin (28/01). “Harus sukses. Akan terus kita tingkatkan upaya bagaimana program budidaya rumput laut ini sukses,” ungkap Efi.

Efi Sjuhairi, S. Sos

Efi menjelaskan bahwa saat ini pihak Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) juga mendukung pengembangan budidaya rumput lauat tersebut. “Pemrov Kepri juga mendukung kita.Tahun ini kita dibantu oleh Pemprov Kepri sebanyak 10 ton bibit rumput laut,” terangnya.

Dari 10 ton bibit rumput laut itu menurutnya, diperkirakan akan mendapatkan 16 ton rumput laut kering, per durasi waktu  45 sampai 50 hari. “ Dari 10 ton bibit itu, kita perkirakan akan panen 16 ton rumput laut  kering setiap durasi waktu 45-50 hari,” rincinya.

Sementara itu, pihak DP3 KKA lanjutnya, akan mempersiapkan peralatan pendukung untuk pengembangan budidaya rumput laut tersebut. Lokasi yang dilakukan pengenbangan di perairan Desa Batu Belah, Kecamatan Siantan Timur.

“Kita punya lahan perairan potensial sangat luas, lebih dari 100 hekatar. Namun untuk saat ini masih kita maksimalkan di perairan Batubelah dulu,” ujarnya. (Red)