Amat Yani, Wakil Ketua II DPRD KKA: Ekonomi Kerakyatan di Anambas Perlu Ditingkatkan

0
85
Amat Yani
Wawancara Eksklusif

Kondisi perekonomian masyarakat di Kepulauan Anambas saat ini sangat memprihatinkan. Kondisi itu memang dipengaruhi oleh kondisi perekonomian nasioanal yang juga mengalami sejumlah permasalahan.

Itulah yang membuat resah Amat Yani, selaku Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA). Menurutnya Peningkatan Program Ekomomi Kerakyatan menjadi salah satu upaya yang perlu dilakukan saat ini untuk mengangkat pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Berikut petikan Wawancara Eksklusif Pemimpin Redaksi anambaspos.com, Asril Masbah dengan Wakil Ketua II DPRD KKA, Amat Yani saat berada di atas Kapal Ferry MV. Ceria Indomas, dari Trempa menuju Kualamaras, Senin (04/02).

Apa kira-kira yang menjadi perhatian serius Anda saat ini selaku salah satu Unsur Pimpinan DPRD KKA terhadap kondisi Anambas saat ini?

“Jujur kalau untuk saat ini perhatian saya lebih tertuju kepada soal perekonomian masyarakat. Dengan kondisi yang lagi sulit seperti sekarang ini. Mesti ada trobosan yang perlu dilakukan secara bersama-sama oleh stackholter terkait.

Apakah Anda ingin mengatakan bahwa ekonomi masyarakat di Anambas sekarang sedang sulit?

“Saya kira iya, dan itu bukan salah siapa-siapa, karena imbas dari ekomoni nasional yang juga sedang menagalmi kesulitan.”

Menyikapi itu, menurut Anda?

“Menurut saya pelu segera ada langkah-langkah kongkrit atau trobosan yang tepat, yang harus dilakukan untuk mengatsi kesulitan ekonomi masyarakat di Anambas seperti saat ini.”

Apa trobosan yang paling tepat?

Hemat saya, salah satunya dengan cara memaksimalkan program pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Kelompok-kelompok Usaha Kecil Masyarakat (UKM) harus dihidupkan. Harus diberikan pembinaan dan pelatihan keterampilan. Mereka harus didorong untuk tumbuh dan berkembang di Anambas. Agar kemudian mandiri, dan dapat menghasilkan prodak yang bernilai ekonomis.

Pihak yang paling bertanggungjawab dalam hal ini?

“Kalau semangatnya, tentu harus bersama-sama. Antara Pemerintah Daerah (Pemda) dan DPRD KKA. Secara teknsis tentu Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM, sebagai OPD terkait,”

Potensi UKM yang mungkin untuk dikembangkan di Anambas ?

“Diantaranya, usaha kuliner, usaha kerajinan, usaha jasa dan berbagai usaha pedagangan lainnya. Kalau kwalitasnya bagus, produksi yang dihasilkan dapat dipasarkan hingga ke luar daerah. Sebagai salah satu contoh kuliner khas Anambas, yakni Kerupuk Atom, sangat terkenal dan laris di pasar luar daerah. Jika itu bisa dikembangkan secara maksimal akan dapat membuka lapangan pekerjaan masyarakat. Dan sangat membantu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat di Anambas!.”