Pontren Al – Hikmah Air Asuk, Terkendala Air Bersih

0
144
Ustazd Ali Mukhsin, S.Pd.I

TAREMPA, anambaspos.com   Keberadaan Pondok Pesantren (Pontren) Al Hikmah, yang berlokasi di Desa Air Asuk, Kecamatan Siantan Tengah, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), saat ini terkendala tidak adanya sumber air bersih. Akibatnya, proses pengembangan lembaga pendidikan berbasis Agama Islam yang didirikan sejak tahun 2017 silam tersebut, mengalamai stagnan.

Santri Pontren Al- Hikmah, Air Asuk

“Pondok Pesantren kita itu kendalanya tidak ada air bersih. Sehingga utuk sementara waktu, kami dari pihak pengelola, belum dapat melakukan penerimaan santri baru,” ungkap Ali Mukhsin, S. Pd.I, selaku Pendiri dan Pengelola Pontren tersebut.

Karena kendala itu, Ali Mukhsin menyampaikan bahwa proses pengembangan pendidikan di Pontren tersebut  kini terhenti. “Kami  dari pihak pengelola, saat ini belum berani menerima santri dulu. Nanti kalau sudah ada solusi masaalah air bersih, baru akan dibuka kembali penerimaan santri baru,” terang Ali Mukhsin saat berkunjung ke Kantor Redaksi anambaspos.com, Kamis (14/03/2019).

Padahal kata Ali Mukhsin, antusiasme warga untuk memasukan anak-anak mereka ke Pontren itu sangat tinggi. Namun apa boleh hendak dikata, kondisiyang sangat belum memungkinkan.”Saat ini kita suadah punya 47 Santri, ramai yang berminat, Tapi kami yang tidak berani menerimanya karena masaalah air bersih itu,” ujarnya.

Kendati pun begitu, Ali Mukhsin tetap bertekat untuk mendapatkan jalan keluar untuk mengatasi kenfdala airbersih itu. Pihaknya saat ini terus berupaya maksimal dengan berbagai alternatif.

“Kami lagi berusaha untuk mencari solusinya. Ada mesin dengan daya listrik rendah yang  dapat menyuling air laut menjadi air tawar. Harganya sekitar Rp. 250 juta. Kami lagi usahakan pakai mesin ini,” ujar Ali Mukhsin, sembari berharap adanya pihak donatur yang berkenan membantu.

Editor: Asril Masbah