Kebutuhan Es Tinggi, Nelayan Anambas Buat Es Gunakan Kulkas Secara Manual

0
68
Ikan hasil tangkapan nelayan di Kampung Atap Desa Mampok Kecamatan Jemaja .

MAMPOK, anambaspos.com – Masyarakat nelayan di Desa Mampok Kecamatan Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) hingga saat ini masih memproduksi es secara manual. Mereka membuat es dengan menggunakan kulkas yang berskala kecil.

Meskipun membebani biaya listrik yang tinggi, namun hal itu terpaksa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan es guna keperluan pendingin ikan hasil tangkapan, sebelum di jual ke pasar atau ke Toke Ikan di Tanjungpinang dan Batam.

“Kendala kami sebagai nelayan di Desa Mampok ini, masalah es. Kami masih membuat es secara manual dengan menggunakan kulkas seadanya,” ungkap Salim, salah seorang nelayan di Desa Mampok saat anambaspos.com berkunjung ke desa tersebut baru-baru ini.

Seharusnya kata Salim, Pabrik Es itu sudah selayaknya dibangun di Kecamatan Jemaja, mengingat kebuhan es bagi masyarakat nelayan saa ini sangat tinggi.

“Pabrik Es semestinya sudah dibangun di Jemaja, karena sangat dibutuhkan nelayan,” sebut Salim ketika itu.

Pantauan anambaspos.com di Jemaja, hingga saat ini belum ada tanda-tanda akan adanya pembangunan Pabrik Es di mulai. Sebelumnya dikabarkan bahwa, akan ada pihak Investor yang berinvestasi di Jemaja untuk membuat Pabrik Es tersebut. ****

Penulis dan Editor : Asril Masbah (Wartawan Utama)