FPM 2019, Even Kolaborasi yang Menarik Saat Bulan Purnama

0
78
Kegiatan FPM 2018 yang lalu. (Fhoto: net)

TAREMPA, anambaspos.com – Festival Padang Melang (FPM) 2019, yang akan berlangsung pada 17 – 20 Juli mendatang merupakan even kolaborasi yang sangat menarik untuk disaksiakan.

Even yang masuk  nominasi  Anugerah Pesona Indoneisa (API) Tahun 2019 itu, akan meng-kolaborasikan berbagai bentuk upacara tradisi, atraksi budaya, permainan rakyat dengan aktivitas pantai kekinian.

Demikian informasi yang berhasil diperoleh anambaspos.com dari pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), selaku penyelanggara teknis kegiatan FPM 2019.

“FPM 2019 akan dikemas  menjadi even kolaborasi,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Promosi Disparbud KKA, Rusdi, saat ditemui di Kantor Disparbud KKA, Jum’at (14/06/2019).

Kolaborasi yang dimaksud menurut Rusdi. yakni menggabungkan  upacara tradisi, atrasksi budaya, permainan rakyat dengan aktivitas pantai kekinian.”Kolaborasi antara uipacara tradisi, budaya, permaianan rakyat lokal dengan aktivitas pantai yang lazimnya saat ini.” terangnya.

Menariknya pula, lanjut Rusdi, saat even berlangsung, pada malam harinya diperkirakan bertepatan dengan saat bulan purnama, yang semakin menambah hidupnya suasana kegiatan.

“Kita perkirakan empat hari kegiatan FPM nanti, malamnya bertepatan dengan bulan purnama,” ucapnya.

Untuk upacara tradisi, kata dia, akan disajikan diantaranya upacara Tolak Bale, Tabor Beras Kuning dan upacara lainnya. Atraksi budaya, seperti, berbalas pantun, gendang panjang, silat kampong, petatah petitih junjong adat dan lainnya.

Sementara itu untuk aktivitas kekinian akan ada pertunjukkan musik dan penyediaan arsitektur spot selfie yang siap memanjakan para pengunjung.

‘Kita berupaya mengemasnya dengan sangat menarik dan menghibur. Sayang kalau tidak disaksiakan,” ajaknya.

Semenatra itu Sekretais Disparbud KKA, Robby Sanjaya, meminta dukungan dari semua pihak, dan yang paling penting dukungan dari masyarakat agar even ini berlangsung sukses.

“Kami berharap dukungan dari semua pihak untuk kelancaran dan kesuksesan acara ini, dalam upaya memajukan dunia pariwisata di Anamabas,” ajak Robby.

Penulis dan Editor : Asril Masbah