Berdayakan Lulusan SMA dan SMK, Pemuda Desa Batu Belah Bangun TBM

0
162
Gedung TBM Desa Batu Belah

BATU BELAH, AnambasPos.com – Pemuda sebagai pemegang kunci masa depan, harus memiliki kepekaan terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat. Baik dalam permasalahan sosial, maupun permasalahan pendidikan.

Begitulah pandangan yang ada pada Rozali, Ketua Komunitas Pemuda Desa Batu Belah, Kecamatan Siantan Timur, yang saat ini tengah membangun sebuah Gedung Taman Baca Masyarakat (TBM) di Desa Batu Belah.

Lokasi Pembangunan Gedung TBM Desa Batu Belah

“Pembangunan TBM ini, dilaksanakan sebagai upaya membantu masyarakat dalam menambah wawasan pengetahuan melalui  membaca,”ungkap Rozali kepada AnambasPos.com, Sabtu (20/07/2019).

Tujuan pembangunan TBM ini menurut Rozali, juga dalam rangka membantu masyarakat, terutama bagi generasi pada usia didik dalam memberdayakan potensi lulusan SMA dan SMK yang ada di Desa Batu Belah.

“Ini dalam rangka agar minat baca tumbuh. Sehingga bertambahnya pengetahuan bagi masyarakat, terurtama bagi para generasi usia didik yang ada di Desa Batu Belah,”  papar Rozali.

TBM tersebut disampaikannya, bahwa dibangun oleh para pemuda yang tergabung dalam Komunitas Pemuda Desa Batu Belah. Pengembangan pada bidang pendidikan menjadi hal yang pertama dilakukan.

Menurutnya, Pembangunan TBM ini dilaksanakan sebagai upaya membantu masyarakat dalam menambah wawasan pengetahuan melalui membaca.

“Tujuan Pembangunan TBM ini adalah untuk membantu masyarakat dan adik-adik dalam menambah wawasannya,” ujarnya.

Gagasan Pembangunan TBM itu pula, menurut Rozali, bermula dari setelah sebelumnya melihat banyaknya lulusan SMA dan SMK yang potensial dan berkemampuan pada bidang pendidikan. Namun tidak bisa melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi (PT) akibat keterbatasan ekonomi.

“Muncullah inisiatif untuk membantu para lulusan SMA dan SMK ini, setelah kita  amati adik-adik yang memiliki kemampuan dan potensi tidak bisa kuliah,” Jelas Rozali.

Rozali juga menyebutkan bahwa, pembangunan TBM itu terealisasi, berkat adanya dukungan dari para Pemuda Desa Batu Belah dan Donatur yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA).

Para Donatur yang membantu, diantaranya, PT. Travira Air, yang membantu Operasional. PT. Surka yang membantu buku bacaan. PT. Premier Oil membantu dalam bentuk material bangunan.

“Pembangunan TBM ini terlaksana berkat dorongan dari para Pemuda Desa Batu Belah dan Donatur yang ada di Anambas,” rincinya.

Rozali berharap, dengan adanya TBM itu, para lulusan  SMA dan SMK yang ada, dapat menambah dan terus mengasah kemampuan ilmu pendidikannya.

“Dengan adanya TBM ini, dapat mengembangkan ilmu dalam bidang pendidkan yang telah dimiliki sebelumnya. Dapat diberdayakan dan berguna bagi masyarakat,” harapnya.

Pantauan AnambasPos.com di lapangan, bahwa proses pembangunan Gedung TBM Desa Batu Belah, telah mulai dilaksanakan sejak Bulan Mei yang lalu. Hingga saat  ini masih dalam tahap pengerjaan akhir (finishing).

Liputan dan Laporan : Ardian

Editor : Asril Masbah