Kemenpora – KNPI Anambas Gelar PANTAW

0
70
Ketua KNPI KKA, Hafiz Riandhy menyerahkan Cenderamata

TAREMPA, AnambasPos.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan Dewan Pengurus Daerah (DPD) II KNPI Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) menggelar Acara Sosialisasi Pemuda Anti Tawuran (PANTAW). Kegiatan berlangsung di Gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS), Tarempa, Selasa pagi (30/07/2019).

Sosialisai Pemuda Anti Tawuran tersebut, mengusung tema Berkarakter, Mandiri, Berdaya Saing, Karena Kami adalah PANTAW. Acara  tersebut dihadiri oleh sejumlah utusan dari Asisten Deputi Peningkatan IPTEK dan IMTAQ dan Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Kemenpora RI dan dibuka secara resmi oleh Bupati KKA, Abdul Haris, SH.

Dr. Erizal, saat memberikan materi sosialisasi

Dalam laporan pengantarnya, Ketua Panitia Pelaksana Acara Sosialisai Pemuda Anti Tawuran Tahun 2019,  Amaluddin menyampaikan bahwa pemuda merupakan pelopor dalam pembangunan bangsa. Sebagai agen perubahan dan penerus estafet kepemimpinan bangsa.

“Pemuda merupakan pelopor dalam pembangunan bangsa,”kata Amal.

Para pelajar dari berbagai perwakilan sekolah di Anambas yang menjadi peserta kegiatan

Peserta kegiatan yang mengikuti acara tersebut, rinci Amal, berjumlah 157 oarang peserta. Berasal dari utusan sekolah-sekolah yang ada di Anambas. Diantaranya, SMA N 1 Siantan, MA Fatahillah Tarempa, SMP N 2 Siantan, SMP N 1 Siantan, MTs Tarempa, Pesantren Khoirumah dan SMK Arung Hijau.

“Sebanyak 200 peserta dari perwakilan sekolah-sekolah yang ada di Anambas sebagai peserta pada kegiatan ini,” sebut Amal.

Pada kesempatan yang sama, dalam kata sambutannya, Ketua DPD KNPI KKA, Hafiz Riandhi  menyampaikan pula bahwa  fenomena maraknya tawuran yang terjadi di daerah perkotaan harus disikapi. Karenaya, Sosialisasikan PANTAW ini, digagas  dan dilakukan.

“sekarang meamang maraknya tawuran di perkotaan. Maka perlu kegiatan Sosialisasi PANTAW ini, bagi pemuda. Khususnya siswa- i yang masih duduk di bangku sekolah,” ungkapnya.

Nurhairah, Ch. S.Pd. Kepala Bidang Penghayatan dan Pengamalan Imtaq Pemuda, Asisten Deputi Peningkatan IPTEK dan IMTAQ Pemuda, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Kementerian Pemuda dan Olahraga Pembangunan, juga menjelaskan bahwa  Tawuran di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun- ke atahun.

“Tawuran di Indonesia meningkat setiap tahunnya. Untuk itu kita wajib melakukan bimbingan untuk mendorong peningkatan kreativitas pemuda”, imbuhnya.

Lanjut dia, pemerintah dalam hal ini memiliki peran  dan tanggungjawab serta harus mendukung dalam upaya pembentukan karakter pemuda di Indonesia.
“Karakter pemuda yang baik, menjadi tanggungjawab pemerintah. Baik pemerintah pusat atau-pun Pemerintah daerah,”  Ungkapnya.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, S. H dalam pidatonya menyampaikan pemuda Kepulauan Anambas tidak akan kalah dengan pemuda yang ada didaerah perkotaan walaupun Kepulauan Anambas merupakan Kabupaten yang berdekatan dengan perbatasan.
“Anambas yang merupakan Kabupaten yang berdekatan dengan perbatasan, namun pemuda Kepulauan Anambas tidak kalah dengan yang ada di daerah-daerah kota,” ujarnya.

Dia meminta agar KNPI Anambas mampu mengembangkan karakter pemuda yang baik secara  berkesinambungan. Sehingga, dapat mewariskan akhlak dan jiwa kepemimpinan untuk 30 Tahun mendatang.

“Perlu mengembangkan karakter pemuda yang baik, produktif, kreatif dan berwawasan kebangsaan secara  berkesinambungan. Sehingga dapat mewariskan akhlak dan jiwa kepemimpinan untuk 30 Tahun mendatang,”harapnya.

Kast Intelkam Polres Anambas, Buskardi dan Kepala Kakan Kemenag KKA,  Dr. Erizal didaulat sebagai pemateri pada acara tersebut. Diskusi dipandu oleh Seinor KNPI KKA, Asril Masbah.

Laporan : Ardian