Program Pembibitan Pohon Kepayang, Inovasi Baru Trobosan Kades Kuala Maras

0
38
Bibit Pohon Kepayang di Desa Kuala Maras

JEMAJA TIMUR, AnambasPos.com –  Untuk menjaga kelestarian alam dan sumber air di Area  Hutan Desa Kuala Maras Kecamatan Jemaja Timur, Kepala Desa (Kades) Kuala Maras, Nefpy Rupika, SE, melakukan pembibitan sebanyak 500 batang Pohon Kepayang (Kembang Semangkok, red).

Upaya inovasi itu awalnya, muncul dari idenya setelah sebelumnya melihat Pohon Kepayang tersebut mempunyai nilai ekonomis. Mudah merawat proses pembibitanya. Sebab, bibit pohon kepayang itu, berasal dari hutan setempat.

“Pohon Kepayang ini, bisa hidup di berbagai tempat. Baik di tanah lembah, tanah kering maupun tanah bebatuan. Memiliki nilai ekonomis dan bermanfaat untuk kelestarian lingkungan, ” jelasnya kepada AnambasPos.com, Minggu (18/08/2019).

Jika upaya inovasi iitu berhasil, ke depan dia akan mengajak seluruh masyarakat, baik itu dari kalangan pemuda desa, karang taruna, maupun ormas yang ada di Wilayah Desa Kuala Maras untuk bersama-sama menggalakan pembibitan dan penanaman Pohon Kepayang tersebut.

“Jika inovasi yang tengah coba kita lakukan ini berhasil, ke depannya seluruh masyarakat akan kita berdayakan untuk menggalakkkan program pembib itan Pohon Kepayang,” sebutnya.

Laporan : Slamet

Kontributor : Jemaja dan Jemaja Timur