Bersama Warga, Desa Mampok Bersihkan Sampah di Laut dan Pantai

0
26
Warga Desa Mampok, saat melakukan goro bersama membersihkan sampah di laut dan pantai

JEMAJA, AnambasPos.com – Bersama warga setempat, pihak Pemerintah Desa Mampok, Kecamatan Jemaja, pada Minggu Pagi (18/08/2019), melakukan gotong royong (goro) mendukung Gerakan Menghadap Laut 2.0 sebagai tindak lanjut dari anjuran dari Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudji Astuti.

Goro bersama itu berlangsung di Lingkungan Kampung Atap, salah satu Kampung yang ada dalam wilayah Desa Mampok.

“Kami dari pihak Desa Mampok menggelar goro bersama warga desa membersihkan laut dan pantai dari sampah. Ini merupakan arahan dari Bupati Anambas sebagai tindak lanjut dari seruan Ibu Menteri Susi,” kata Sekretaris Desa Mampok, Edy Surya kepada AnambasPos.com saat dihubungi melalui telephon selulenya.      

Papan Himbauan agar tidak membuang sampah ke laut di Desa Mampok

Goro tersebut digelar kata Edy, guna membersihkan kawasan pesisir pantai di desa itu, dari sampah-sampah yang hanyut. “Sampah-sampah yang hanyut dibersihkan. Agar lingkungan pesisir tetap terlihat bersih,” ujarnya.

Dalam kegiatan itu menurut dia, pihak desa juga mengikut sertakan para Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Politik (Stisipol) Tabjungpinang, yang secara bertepatan pada saat itu, tengah menjalankan praktek Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa tersebut.

“Kebetulan adek-adek Mahasiswa lagi KKN di desa kami, jadi kami ajak bersama-sama untuk terlibat dalam aksi peduli lingkungan tersebut,” terangnya.

Goro bersama itu lanjut dia, juga dilakukan demi menjaga lingkungan desa agar tetap sehat. Jauh dari wabah penyakit.”Aksi bersih-bersih ini juga, agar lingkungan desa kita tetap sehat. Warga bebas dari wabah penyakit,” imbuhnya.

Ibu-ibu Kampung Atap terlihat ikut turut serta membersihkan pesisir pantai di sekitar depan dan sekeliling rumah tempat tinggal mereka masing-masing.

“Ibu-ibu juga ikut membersihkan lingkungan di sekitar tempat tinggal mereka masing-masing,” sebutnya.

Edy Surya, Sekdes Desa Mampok mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut  pihak Pemerintah Desa Mampok, juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat, agar tidak lagi membuang sampah ke laut.

Pada momentum itu, pihak Pmerintah Desa Mampok  memasang Baleho Himbauan agar tidak membuang sampah ke laut. Mengingatkan semua pihak agar tidak lagi membuang sampah ke laut.

Laporan : Slamet

Kontributor : Jemaja dan Jemaja Timur