Kreasi Gapura dan Desa Unggul, Bernilai Patriotisme, Persatuan dan Kesatuan

0
67
Tim Juri saat melakukan penilaian terhadap Kreasi Gapura di Desa Tarempa Selatan

TAREMPA, AnambasPos.com – Lomba Kreasi Gapura antar Desa / Kelurahan dan Lomba Desa / Kelurahan Unggul Tingkat Kecamatan Siantan yang diselenggarakan memiliki muatan nilai patriotisme, persatuan dan kesatuan yang sangat tinggi bagi anak bangsa.

Hal itu disampaikan oleh Inspektur Dua (Ipda) Torang Hasioholan, dari Kepolisian Resort (Polres) Kepulauan Anambas selaku Tim Dewan Juri yang melakukan penilaian terhadap lomba tersebut.

Tim Juri Lomba Kreasi Gapura dan Desa Unggl. Ipda Polisi, Torang Hasiholan (dua dari kanan)

“Lomba Kreasi Gapura  dan Lomba Desa Unggul itu memiliki nilai-nilai patriotisme, persatuan dan kesatuan yang tinggi bangi anak bangsa,” ungkap Torang, saat berbincang dengan AnambasPos.com pada sela-sela acara Penutupan Rangkaian Kegiatan HUT RI Kecamatan Siantan di Taman Bermadah, Sabtu Malam (24/08/2019).

Menurut Torang, dengan melakuka pembuatan Kreasi Gapura tersbut, masyarakat selaku anak bangsa, mengenal dan terus mengingat sejarah besar bangsa. Yakni, Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, yang diraih melalui perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dengan darah dan nyawa.

“Ada tanggal 17 bulan 08 tahun 1945 yang diukir pada gapura tersebut. Itu mengingatkan dan menanamkan rasa patriotisme yang tinggi bagi generasi penerus, bahwa pada hari itu adalah hari kemerdekaan yang telah direbut dengan darah dan nyawa para pahlawan bangsa,” cetusnya.

Kemudian lanjut dia, saat pembuatan Kreasi Gapura maupun pembuatan Kreasi Desa Unggul tersbut, masyarakat saling bergotong royong, bekerjasama bahu membahu demi kebaikan  desa mereka.

“Di sinilah nilai-nilai kekompakan, persatuan dan kesatuan akan muncul. Nlai-nilai kekeluargaan dan gotong royong ini mesti harus dihidupkan di tengah-tengah masyarakat sebagai anak bangsa,”pintanya.

Dia pun mengaku bahwa kegiatan ini dapat meng-inspirasi dan memotivasi banyak kalangan berkreasi dan berinovasi. Untuk itu dia berharap  terus dilakukan dan ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang.

“Kegiatan ini juga dapat meng-inspirasi banyak orang dan sangat baik untuk ditingkatkan ke depannya,” imbuhnya.

Laporan dan Editor: Asril Masbah