Sebentar Lagi, Gelar Festival Pesona Seni Budaya Melayu ke- 3

0
87
Panitia GFSBM ke-3 mempersiapkan panggung acara.

TAREMPA, AnambasPos.com – Tidak lama lagi, tepatnya pada tanggal 22 hingga 27 September  2019, di Pusat Ibukota Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) akan ada acara Gelar Festival Pesona Seni dan Budaya Melayu (GFPSBM) ke- 3.

“Tak lama lagi GFPSBM yang ke- 3 di Anambas, akan kami gelar. Pembukaannya di Taman Bermadah, perlombaannya ada di Taman Bermadah, dan ada di Taman Wisata Batu Lepe,” kata Zubirman, selaku Ketua GFPSBM ke- 3 kepada AnambasPos.com, Jum’at (13/09/2019).

Spanduk pemberitahuan perlombaan

Acara yang semulanya inisiatif dari Reci Kardiman, Mahasiswa Anambas jebolan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) melalui Program Beasiswa Premier Oil itu adalah bentuk komitmen pihak Premier Oil terhadap kelestarian dan pengembangan seni dan budaya di Anambas.

“Ini merupakan bentuk komitmen dan dedikasi dari pihak Premier Oil terhadap seni dan budaya di Anambas,” ungkap Zubir.

Terlihat Panitia GFPSBM ke -3 tengah mempersiapkan keperluan panggung acara

Event 2 tahunan ini lanjut Zubir yang juga Seniman Putra Asli Anambas itu, diselenggarakan oleh Lembaga Seni dan Budaya Tuah Sakti KKA, yang didukung penuh oleh Premier Oil.

“Memuat berbagai perlombaan, yaitu Lomba Tari Dasar Melayu, Puisi Karya Ibrahim Sattah, Lagu Melayu Karya Afandi Yacub yang telah diaransmen ulang oleh Anambas Ensambel dan Lomba Berbalas Pantun,” terang Zubir lagi.

Semua lomba ini tamabhanya, difokuskan kepada Pelajar Tingkat SMP dan SMA sederajat se- KKA,  dengan maksud, agar para generasi menguasai dasar-dasar seni budaya Melayu dan lebih kenal terhadap 2 orang pelaku seni berasal dari Anambas yakni Ibrahim Sattah dan Afandi Ya’cub. 

“Tahun ini Gelar Festival Pesona Seni dan Budaya Melayu ke- 3, menambah 1 item perlombaan, yaitu Lomba Berbalas Pantun. Ini diharapkan agar seni bertutur di Anambas, dapat dipertahankan dan terus dikembangkan, serta dilestarikan,” imbuhnya.

Pada event kali ini sambungnya, tidak ketinggalan juga, dimana pihak panitia akan memberikan penghargaan kepada Para Insan Seni yang sudah mendedikasikan segalanya untuk seni dan budaya tempatan.

“Ada penghargaan untuk Insan Peduli Sini di Anambas. Panitia juga ikut mengundang salah satu Raja Tari Serampang 12, yang didatangkan langsung dari Tanah Deli,” sebutnya.

Semoga Gelar Festival Pesona Seni dan Budaya Melayu ke- 3 harapnya, dapat pula menghidupkan ekonomi masyarakat kecil. “Kepada seluruh masyarakat Anambas diharapkan untuk kiranya, hadir menyaksikan event ini,” pintanya.

Laporan dan editor : Asril Masbah (Watrawan UKW Utama)