Jajaki Potensi SAR Anambas, Tim BASARNAS Natuna Bertemu Wartawan

0
27
Saat berlangsungnya pertemuan antara Tim BASARNAS Natuna dengan Wartawan Anambas

TAREMPA, AnambasPos.com – Dalam rangka menjajaki potensi SAR di Anambas, Tim Badan Search end Rescure Nasional (BASARNAS) Kabupaten Natuna  melakukan pertemuan dengan sejumlah Wartawan Anambas. Dihadiri puluhan Wartawan Anambas, pertemuan berlangsung di Rumah Makan Laluna, Tarempa, Sabtu (02/11/2019).

Kepala Kantor BASARNAS Natuna, Maxsianus Bekabel, memimpin langsung pertemuan Tim BASARNAS Natuna dengan sejumlah Wartawan Anambas ketika itu. Hadir juga ketika itu, Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) KKA, Herry Fachrizal dan Perwakilan dari LANAL Tarempa. Acara yang dikemas setengan formal tersebut berjalan penuh keakraban.

“Teman-teman media di Anambas memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan keberadaan BASARNAS di Anambas. Karena itu kita perlu melakukan pertemuan ini,” ungkap Maxsianus mengawalli diskusi pada kesempatan itu.

Melalui sosialisasi dan pemberian informasi ke publik tentang pentingnya keberadaan BASARNAS di Anambas, menurut Maxsianus memiliki pengaruh yang sangat besar. Agar keberadaan BAZSARNAS di Anambas didukung oleh masyarakat dan para pihak terkait sebagai pemangku kebijakan.

Suasana saat berlangsungnya pertemuan

“Pengaruh media sangat setrategis dalam keberadaan BASARNAS di Anambas. Agar mendapatkan dukungan dari masyarakat dan pemerintah daerah akan pentingnya BASARNAS,” terangnya.

Terlebih lagi kata Maxsianus menjelaskan, Anambas merupakan daerah yang tengah fokus mengembangkan potensi pariwista untuk memajukan daerahnya. Semstinya kata dia, harus telah memiliki jaminan SAR.

“Dulu sebelum ada BASARNAS, Indonesia oleh badan dunia dinyatakan black area. Area terlarang untuk dilintasi karena tidak ada jaminan SAR. Anambas yang menggalakan kujungan wisman selayaknya memiliki jaminan SAR,” tegasnya.

Begitu juga ketika dilakukan Operasi SAR di Anambas, apabila terjadi kecelakaan, baik didarat, laut dan udara, awak media dibutuhkan untuk melakukan peliputan dan pelaporan secara langsung.

“Nanti teman-teman Wartwan Anambas akan diberikan pendidikan dan pelatihan (Diklat) dasar SAR. Jika dinyatakan lulus dan bersertifikat, akan diterjunkan dalam Operasi SAR dan masuk dalam TIM SAR Anambas,” ucapnya.

Terpisah, Ketua Ikatan Jurnalis Anambas (IJA) terkait hal tersebut menanggapi bahwa, dari sisi media, pihaknya berkomitmen untuk mendorong dan maksimalkan keberadaan BASARNAS di Anambas.

“Kita siap mendukung penuh dan mendorong agar BASARNAS di Anambas dimaksimalkan keberdaannya untuk menjamin adanya tindakan pencarian dan pertolongan (SAR) jika terjadi kecelakaan,” ucap Fitra.

Penulis dan editor : Asril Masbah