Audiensi ke Kemenlu RI, Bupati Anambas Jajaki Peluang Kerjasama dengan Negara Luar

0
123
Bupati Anambas, Abdul Haris, SH saat melakukan Audiensi di Kemenlu RI

TAREMPA, AnambasPos.com – Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH belum lama ini melaksanakan uudiensi bersama Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Diplomasi Publik, Cecep Herawan dan Diar Nurbintoro, Perwakilan Duta Besar Indonesia untuk Hungaria di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia (RI).

Fhoto bersama di Kemlu RI

Demikian siaran pers yang disampaikan oleh Kepala Sub Bagian (Kasubag) Humas Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Hani Eska Saragih, kepada sejumlah media di Anambas yang disampaikan melalui What Apps Group Pers Anambas Jaya.

Dalam audiensi ketika itu, terang Hani, Bupati KKA Abdul Haris, SH, didampingi oleh Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Sekretariat Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kepala Seksi Ekonomi dan Budaya Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Kemendagri).

Penyerahan cinderamata

Selain itu disampaikan Hani, juga turut serta bersama Bupati ketika itu, beberapa pejabat dan stakeholder Pemerintah KKA terkait, seperti Ketua DPRD Anambas, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi, Kepala Bagian Tata Pemerintahan, dan Kepala Bagian Umum dan Keuangan Sekretariat Daerah (Setda) KKA.

“Belum lama ini Pak Bupati Anambas, Abdul Haris, SH dan Ketua DPRD Anambas beserta Pimpinan OPD terkait, melakukan audinesi di Kemenlu RI, Jakarta terkait peluang kerjasama dengan negara-negara luar negeri,” tulis Hany.

Pertemuan yang dilaksanakan di Ruang Rapat VIP Kantin Diplomacy Kemenlu itu, Hany melanjutkan, sebagaimana disampaikan Bupati Abdul Haris ketika itu, adalah bertujuan untuk mendorong optimalisasi pembangunan berkelanjutan. Dengan menggerakkan potensi unggulan yang bersifat strategis di Bidang Pariwisata, Perikanan, Perindustrian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia berskala internasional.

“Pak Bupati ingin potensi yang ada di Anambas, seperti Pariwista, Perikanan, Pengembangan Sumber Daya Manuisa (SDM) berskala internasional, dapat dikembangkan,” tulisnya lagi.

Bupati pada kesempatan itu menurut Hani,  menyampaikan pula bahwa terdapat banyak potensi pada berbagai sektor di KKA, yang belum terekspose secara maksimal. Baik itu di Indonesia, maupun ke mancanegara. “Untuk itu, perlu adanya dukungan penuh dari Pemerintah Pusat. Salah satunya dari Kemenlua RI,” sebut Bupati dalam audiensi saat itu, tulis Hani lagi.

Letak strategis KKA yang dekat dengan beberapa negara ASEAN, disampaikan Bupati, perlu dimanfaatkan dengan menjalin hubungan kerjasama luar negeri sesuai dengan potensi unggulan yang ada saat ini.

“Potensi Anambas yang berada di perbatasan, dekat dengan negera-negara ASEAN ini akan diupayakan untuk adanya kerjasama dengan negara-negara luar negeri,” ujar Haris saat berlangsungnya audiensi, seperti masih ditulis Hani.

Bupati juga saat itu lanjut Hani, menyampaikan permintaan agar Anambas dapat dilibatkan dalam program – program yang ada di Kemenlu RI. Seperti Island Development, Promosi dan Kerjasama Investasi, Diplomatic Tour dan berbagai program lainnya.

“Saat ini seperti yang kita ketahui, kurang lebih ada 132 kantor perwakilan dari berbagai negara luar negeri di Indonesia. Olehkarenanya, saya ingin kerjasama luar negeri ini dapat terjalin dengan segera, seperti yang sudah terlaksana di Kabupaten lainnya,” pinta Haris sepeti disebutkan Hani dalam tulisannya.

Untuk Anambas juga bisa dilakukan bidang pariwisata seperti Ecotourism, Home Stay, Pusat Konservasi Perikanan. Kemudian, investasi di bidang pendidikan seperti mendirikan universitas atau pertukaran pelajar Anambas dengan negara tetangga. Guna meningkatkan SDM unggul ke depannya.

“Bisa juga dengan dilibatkannya kita pada event internasional, maka dapat memperkenalkan budaya lokal dan produk unggulan daerah kita pada negara-negara luar,” papar Haris pada momen tersebut, sambung Hani.

Sehingga, kata Bupati, dapat membuat para investor lokal maupun asing tertarik untuk ber-investasi. Pada intinya pemerintah KKA, siap untuk ber-inovasi demi meningkatkan pembangunan yang berkelanjutan dan menjadi lebih baik.

Dalam kesempatan ini Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik, Cecep Herawan mengungkapkan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi Bupati Anambas yang sudah melakukan audiensi tersebut. Hasil audiensi itu, akan segera ditindaklanjuti dengan membentuk Tim Percepatan Khusus Anambas.

“Dari audiensi ini, nanti akan kita tindaklanjuti dengan membentuk Tim Percepatan Khusus Anambas,” kata Cecep.

Setelah melihat presentase Bupati, Cecep pun berjajnji akan mencoba mewawarkan kerjasama dengan negara Korea.”Negara Korea akan coba kami tawarkan, sebelumnya terlebih dahulu kami koordinasikan dengan Dirjen Kerjasama Teknis, dan lainnya yang terkait,” ujar  Cecep, seperti ditulis Hany.

Sumber : Humas KKA

Editor : Asril Masbah