Desa Bukit Padi Gelar Pelatihan Produksi Paving Block

0
65
Kades Bukit Padi bersama sejumlah peserta pelatihan di Pabrik Mini Paving Block Desa Bukit Padi

BUKITPADI, JEMAJATIMUR – AnambasPos.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Bukit Padi, Kecamatan Jemaja Timur (Jemtim) melaksanakan Pelatihan Produksi Paving Block. Sebanyak 50 orang peserta dari masyarakat Desa Bukit Padi mengikuti pelatihan tersebut.

Saat berlangsungnya peltihan pembuatan paving block di Desa Bukit Padi

Kegiatan itu berlangsung di Pabrik Mini Paving Block milik Pemdes Bukit Padi, tepatnya di Kampung Pasiran, Jalan Air Dungga, RT 01 / RW 01, Desa Bukit Padi Kecamatan Jemtim, Minggu (8/12/2019). Kegiatan pemberdayaan masyarakat tersebut, dibuka secara resmi oleh Kepala Desa (Kades) Bukit Padi, M. Yamin.

Kades Bukit Padi, M. Yamin dan Narasumber Nariman, saat memberikan pengarahan kepada peserta pelatihan

Dalam kata sambutanya, Kades Bukit Padi M. Yamin menyampaikan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk memotivasi masyarakat khususnya Warga Desa Bukit Padi. Agar dapat membangun mental produksi, hingga masyarakat bisa lebih mandiri.

“Kegiatan ini sangat baik, sebagai upaya kita menumbuhkan mental masyarakat yang mandiri dalam mencipatak peluang kerja. Agar ke depannya masyarakat lebih mandiri,” ungkap Yamin.

Masih kata Yamin bahwa kegiatan pelatihan itu juga  untuk sebagai bekal pengetahuan abi masyarakat desa, bagaimana cara menggerakan mesin pencetak paving blokc, agar nantinya masyarakat bisa mengelola secara langsung dan mandiri.

“Beriutnya, kita berharap masyarakat desa bisa mengoprasikan mesin sendiri. Sehingga prekonomian masyarakat desa meningkat dan desa menjadi lebih maju,” harapnya.

Pabrik Mini Paving Blokc tersebut disediakan oleh Pemdes Bukit Padi dengan mengggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun Aanggaran 2017. Nantinya akan diserahkan Kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Bukit Padi sebagai pengelola.

“Nanti Pabrik Mini Paving Blokc ini akan kita serahkan ke pihak Bumdes Bukit Padi untuk dikelola dengan baik,” terang Yamin.

Nara sumber pelatihan, pihak Pemdes Bukit Padi menghadirkan Nariman (warga lokal) yang berpengalaman dalam memproduksi Paving Blokc. Nariman pun menjadi pusat perhatian para peserta pelatihan yang hadir ketika itu.

pada kesempatan yang akan datang, masyarakat juga akan dilatih secara teori tentang tatacara pemasaran dan manajemen pengelolaan keuangan usaha. Agar masyarakat menjadi lebih siap secara mental serta  bisa lebih maksimal dalam menekuni sebuah usaha. Baik itu dari Bumdes, maupun usaha pribadi.

“Teori bagaimana Manajemen Usaha yang Baik kepda masyarakat, juga akan kita berikan pelatihannya pada kesempatan berikutnya,” ucapnya.

Sementara itu, Dodi Yoni, salah seorang warga Kampung Pasiran, RT 01 RW 01, Desa Bukit Padi yang menjadi peserta pelatihan, ketika itu mengaku  menjadi paham dan mengerti cara pembuatan Faving Blokc setelah mengikuti pelatihan tersebut.

“Isya- Allah saya sudah paham dan mengerti bagaimana cara memproduksi paving block yang baik. Ke depannya saya yakin dan sangat optimis sekali untuk mengembangkan usaha ini,” tutur Dodi, saat AnambasPos menghampirinya.

Kontributor : Slamet 

Editor : Asril Masbah