Forum RT/RW Desa Batu Berapit Sulap Derum Bekas Jadi Tong Sampah yang Menarik

0
79
Tong sampah dari derum bekas

JEMAJA, AnambasPos.com – Desa Batu Berapit, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) terus melakukan inovasi. Kali ini, Forum Komunikasi Rukun Tetangga (RT) / Rukun Warga (RW) Desa Batu Berapit, melakukan pembuatan tong sampah dari derum bekas. Derum-derum bekas tersebut disulap menjadi tong sampah yang menarik.

Warga Desa Batu Berapit, saat mengkreasi derum bekas menjadi tong sampah yang menarik

“Kita buat tong sampah dari drum bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Nantinya akan kita serahkan kepada seluruh Ketua RT untuk dipergunakan  di lingkungan warganya masing-masing. Agar sampah dapat tertampung dan kebersihan dapat terjaga,” ungkap Ketua Forum Komunikasi RT / RW se- Desa Batu Berapit, Sudirman saat ditemui AnambasPos.com, di Genting Dusun, Minggu (05/01/2020).

Tong-tong sampah itu nantinya kata Sudirman, akan diserahlan kepada Ketua-ketua RT se- Desa Batu Berapit untuk menampung sampah di lingkungan warganya sebelum diangkut ke Tempat Pembuangan  Akhir (TPA) sampah.

“Tong- tong sampah ini, nantinya akan kita bagikan ke setiap Ketua RT yang ada di Desa Batu Berapit untuk digunakan sebagai wadah penampungan sampah warga, sebelum diangkut ke TPA,” ujarnya.

Gagasan itu timbul menurut Sudirman, disaat pihaknya melaksanakan kegiatan gotong royong bersama baru-baru ini. Ketika itu, sangat terbatasnya tempat penampungan sampah yang ada di lingkungan pemukiman warga.

“Saya kumpulkan beberapa anggota, untuk mencari solusi. Setelah itu, timbulah gagasan untuk membuat tong sampah dari drum bekas. Setelah jadi dan dapat difungsikan nantinya kita minta bantuan kepada pihak kebersihan desa agar dapat mengambil sampah-sampah tersebut dengan menggunakan tosa untuk di buang ke TPA yang sudah tersedia,” terang Sudirman pula.

Dihubungi terpisah, Kepala Desa (Kades) Batu Berapit, Umar Lisman memberikan apresiasi kepada pihak FKRT/RW Desa Batu Berapit terkait kreasi dan inovasi yang dilakukan tersebut.

“Kita sangat senang dengan adanya langkah-langkah kreatif dan onovatif yang dilakukan teman-teman dari bebbagai lembaga dan perangkat desa, seprti yang dilakukan oleh FKRT/RW ini,” ucap Umar.

Dia berharap langkah-langkah seperti itu, terus ditingkatkan. Pihak desa, kata dia ke depannya akan turut mendukung demi kemajuan desa. “Trobosan seperti ini semga terus berlanjut dan akan kita dukung demi kemajuan desa,” sebutnya.

Laporan : Slamet, Kontributor Anambas Pos Wilayah Jemaja, Jemaja Timur dan Jemaja Barat.

Editor : Asril Masbah