BUMDes Tujuh Kunci Desa Batu Belah Hasilkan PADes Rp. 14.650.000,-

0
106
Usaha BUMDes Tujuh Kunci Desa Batu Belah

BATU BELAH, AnambasPos.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tujuh Kunci Desa Batu Belah, berhasil menciptakan Pendapatan Asli Desa (PADes) sebesar Rp. 14.650.000. PADes tersebut sudah tertera dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2020.

Babandi, Kades Batu Belah

Demikian keterangan yang disampaikan oleh Kepala Desa (Kades) Batu Belah, Babandi, kepada AnambasPos.com, Jumat (31/01/2020). “Alhamdulillah BUMDes Tujuh Kunci Desa Batu Belah, sudah menyumbangkan PADes dan sudah tertera dalam APBDes Tahun 2020,” kata Babandi.

BUMDes Tujuh Kunci Desa Batu Belah menurut Babandi, didirikan pada Januari 2018 di awal-awal kepemimpinannya sebagai Kades Batu Belah, Periode 2017-2023, berdasarkan Peraturan Desa (Perdes) Nomor: 01 Tahun 2018 setelah sebelumnya merupakan hasil Musyawarah Desa (Musdes) Batu Belah.

“BUMDes Tujuh Kunci Desa Batu Belah berdiri di awal tahun 2018 yang lalu. Baru setahun berjalan. Insya- Allah ke depan PADes-nya, kita upayakan untuk lebih meningkat,” ujarnya.

Disampaikannya pula, bahwa BUMDes Tujuh Kunci Desa Batu Belah itu saat ini, bergerak di bidang usaha perdagangan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) dan Penambahan Modal Usaha bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Lingkungan Desa Batu Belah.

“Bidang usaha yang ditekuni saat ini yakni, usaha dagang Sembako dan Penambahan Modal UMKM bagi Pelaku usaha. Ke depannya, akan dikembangkan pada bidang-bidang usaha lainnya,” sebutnya.

Berdasarkan hasil Musdes Batu Belah, PADes yang diperoleh tersebut akan digunakan untuk pengembangan sektor Pendidikan dan Sosial masyarakat. “Untuk membantu pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), seperti memberikan bantuan pendidikan dan beasiswa kepada para pelajar dan mahasiswa yang menuntut ilmu,” terangnya.

Laporan : Laode Agus

Editor : Asril Masbah