Tower Telekomunikasi di Desa Batu Berapit Segera Diaktifkan, Warga Pulau Jemaja Bisa Akses Jaringan Internet Smartfren

0
158
Tower Telekomunikasi di Desa Batu Berapit, Kecamatan Jemaja

JEMAJA, AnambasPos.com –  Satu Unit Tower Telekomunikasi saat ini terlihat berdiri kokoh di Desa Batu Berapit, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA). Tower itu dibangun oleh Operator Mora Telematika Indonesia dan akan segera diaktifkan. Masyarakat Pulau Jemaja dalam waktu tidak terlalu lama lagi, akan dapat menikmati akses jaringan internet yang memadai.

Demikian keterangan yang disampaikan oleh, Kepala Dinas Kumunikasi, Informatika dan Statistik (Kadiskominfotik) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Jeprizal, S. Kom, MA, melalui pesan whats aap nya ke Redaksi AnambasPos.com, Jumat (07/02/2020).

“Insya Allah, sekitar Bulan Maret nanti, Tower di Desa Batu Berapit itu akan diaktifkan. Warga Pulau Jemaja dapat mengakses jaringan internet cepat Smartfren,” tulis Jeprizal.

Jeprizal saat bertemu dengan Anggota DPR RI, Sturman Panjaitan, baru-baru ini di Jakarta

Untuk saat ini, sambung Jep biasa dia disapa, pihak Moratel sedang melakukan rapat internal dengan pihak Operator Seluler Smartfren, guna membahas tentang proses aktifnya tower tersebut. Kemungkinan besar pada Bulan Maret, tower itu sudah dapat diaktifkan.

“Semoga apa yang pernah disampaikan oleh pihak Moratel jauh hari sebelumnya kepada Pemerintah Daerah (Pemda) KKA, dapat benar-benar terealisasi,” tulisnya.

Progress terkait aktivasi tower di Desa Batu Berapit tersebut, saat ini menurut Jep, bahwa pekerjaan site tower di Matak Bayur, untuk saat ini dalam proses perapihan. Beberapa perangkat pendukung seperti, Genset diinstall di minggu ke dua Februari, Radio dan Antenna sudah diloading ke container untuk diberangkatkan ke kapal dari Pelabuan Tanjung Priok ke Tanjung Pinang.

“Sejumlah perangkat pendukung untuk aktivasi tower tersebut, estimasi tiba di site (Tarempa, Matak dan Jemaja, Red) kira-kira pada akhir minggu ke dua Februari ini,” jelasnya.

Saat ini lanjut dia, pihak Diskominfotik KKA, terus melakukan upaya untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur di bidang telekomunikasi. Pemerataan akses telekomunikasi dan kebutuhan akses internet cepat, ditargetkan dapat tersedia sampai ke seluruh pelosok-pelosok di Wilayah KKA .

Tower Telekomunikasi di Desa Batu Berapit. Tower ini nantinya akan diaktifkan dalam waktu dekat

“Kami terus melakukan kordinasi, konsultasi dan kunjungan kerja (kunker) ke beberapa pihak terkait untuk peningkatan akses telekomunikasi di Anambas. Diantaranya ke ke Operator Kementerian, baik di pusat maupun di provinsi,” tambahnya.

Disampaikannya pula bahwa, Pemda KKA mengharapkan setelah aktifnya Tower Smartfren nantinya, pihak Moratel akan menambah dan memperluas lagi jaringannya hingga ke daerah daerah yang belum mendapatkan Signal.

Bigitu juga kepada pihak Operator Telkomsel, agar bersedia menambah dan memperluas jaringannya sampai ke Pulau Jemaja, dalam rangka percepatan pemanfaatan backbone Palaparing Barat. Sehingga terwujudnya ‘Merdeka Sinyal’ di Wilayah Kepulauan Anambas yang merupakan program pemerintah pusat.

“Kita berharap Jemaja Timur, Jemaja Barat dan Siantan Timur akan segera menyusul dibangunnya Tower yang sama, demi kebutuhan masyarakat,” imbuhnya.

Laporan dan Editor : Asril Masbah