Petugas LH Rutin Bersihkan Sampah di Laut Pelabuhan Sri Siantan

0
71

Tarempa ,  AnambasPos.com – Petugas Lingkungan Hidup (LH) membersihkan sampah plastik d i Area Pelabuhan Sri Siantan, Tarempa, Kamis, (13/02/20).

Petugas LH saat membersihkan sampah di area laut Pelabuhan Sri Siantan

Membersihkan sampah plastik yang berserakan di area laut pelabuhan Sri Siantan itu, merupakan rutinitas harian petugas LH.. Pihaknya tidak pernah mengeluh, karena ini merupakan tugas dan tanggung jawab mereka.

“Sudah biasa menghadapi sampah seperti ini setiap hari, sudah tugas dan tanggung jawab kami untuk membersihkannya” kata salah satu petugas LH, Edi.

Dalam menjaga kebersihan laut tidak dapat dilakukan oleh pihak LH saja. Kesadaran dan kerja sama dari masyarakat juga sangat membantu dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Sampah yang berserakan di area laut pelabuhan Sri Siantan saat ini merupakan sampah yang dibuang oleh masyarakat.

“Sampah yang selalu kami bersihkan ini merupakan sampah yang dibuang oleh masyarakat ke lau,t” ungkap Petugas LH, Bayu ketika diwawancarai AnambasPos.co.

Tidak tanggung-tanggung, sampah yang pungut oleh petugas LH tersebut bisa mencapai 12 Tosa (kendaraan angkut roda 3) setiap hari.

“Satu hari biasanya kami mengumpulkan sampah dari aera pelabuhan sebanyak 5 sampai 6 kantong sampah.. Pernah juga beberap hari yang lalu, sampah yang kami pungut mencapai 12 Tosa” kata Bayu

Tidak hanya merusak ekosistem yang hidup di laut, sampah yang berserakan di area pelabuhan Sri Siantan juga merusak pemandangan.

“Sangat tidak enak dipandang mata, karena orang-orang dari luar yang masuk ke Tarempa menggunakan pelabuhan ini” tutur Karyati, salah seorang pengguna Pelabuhan Sri Siantan.

Laporan dan editor: Laode Agus