Kreatif, PKK Kelurahan Letung Hasilkan Vita dan Bendo Rambut Bernilai Ekonomis

0
114
Vita dan bendo rambut hasil kerajinan PKK Kelurahan Letung

LETUNG, AnambasPos.com – Kain bekas sisa potongan dari bahan baju yang diperoleh dari beberapa tempat tukang jahit di sekitar Kelurahan Letung, Kecamatan Jemaja, menjadi bahan baku asesoris berupa vita dan bendo rambut untuk anak-anak dan gadis remaja. Kain bekas itu diolah kembali oleh Ibu-ibu Anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Letung, Kecamatan Jemaja.

Vita yang sudah siap dipasarkan terlihat unik dan dibandrol dengan harga murah

“Memanfaatkan kain bekas potongan baju. Kita olah menjadi aneka asesoris vita dan bendo (pengikat rambut, red) untuk anak-anak dan juga remaja putri,” kata Wikadari, S.IP, salah seorang Aanggota PKK Kelurahan Letung, kepada AnambasPos.com saat dijumpai, Selasa (03/03/2020).

Hasil dari keterampilan tangan para Anggota PKK Kelurahan Letung itu kemudian kata Wikadari, dipasarkan di seputaran Kecamatan Jemaja dan hanya dibandrol dengan harga yang sangat ekonomis.

“Cukup dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 5000 Rupiah saja. Anak -anak dan gadis remaja Letung, sudah bisa memiliki vita dan bendo rambut yang unik,” sebut Ice, biasa wanita itu disapa oleh Warga Letung sehari-hari.

Tidak hanya vita dan bendo saja, tambah Ice, Kelompok PKK Kelurahan Letung Juga membuat beraneka sofenir lain yang juga terbuat dari bahan kain bekas potongan yang sama. “Kami juga membuat sofenir lain. Salah satunya adalah sofenir tempat telor yang biasanya digunakan masyarakat Jemaja dalam melaksanakan beberapa kegiatan bernuansa Adat Melayu,” ujar Ice.

Hasil kerajinan tangan PKK Kelurahan Letung yang siap dipasarkan

Kelompok PKK binaan dari Elendrawani selaku Ketua PKK Kelurahan Letung, Kecamatan Jemaja ini, disampaikan Ice, optimis akan terus memprodusi kerajinan-kerajinan tangan yang lebih baik lagi ke depannya. Sehingga bisa dipasarkan sampai ke luar sebagai  penghasilan tambahan,” imbuhnya.

Laporan : Slamet

Editor : Asril Masbah