Membentuk Karakter dan Membina Akhlaq Siswa Melalui Kantin Kejujuran di Sekolah (Artikel Minggu Ini)

0
55
Salah seorang pelajar saat berbelanja di Kantin Sekolah

 

Oleh : M E R R I W A T I, S.Pd

  Guru SMP Negeri 1 Siantan 

 

Pendidikan adalah wadah utama untuk membentuk karakter pemuda sebagai generasi penerus bangsa. Pendidikan pula sebagai sarana utama unruk membangun bangsa yang kokoh dan bermatabat.Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Nasional, berbagai inovasi pendidikan sangat dibutuhkan. Pemerintah telah melakukan berbagai inovasi yang tidak hanya meningkatkan kualitas dibidang akademik semata, tetapi juga pembinaan akhlak pun telah mendapat perhatian. Salah satunya yaitu dengan membuat kantin kejujuran di sekolah.

Kantin kejujuran merupakan kantin yang dibentuk untuk pembentukan karakter jujur sejak dini, dan diharapkan akan menjadi generasi yang mempunyai rasa malu untuk berbuat salah atau bohong.  Keberadaan kantin kejujuran sangat diperlukan dikalangan siswa untuk pembentukan etika dan moral. Keberadaan kantin tersebut juga diberi dukungan yang sangat baik dari pihak sekolah ataupun orang tua siswa itu  sendiri. Itu mendorong para siswa agar selalu berpikir sebelum melakukan semua tindakannya.

Poster Kantin Sekolah

Kantin kejujuran di sekolah dibuat untuk memberikan pendidikan kejujuran kepada siswa dan pembelajaran antikorupsi.Kantin kejujuran yang merupakan pendidikan Antikorupsi perlu diterapkan sebagai upaya prepentif  bagi generasi muda. Namun pelaksanaan kantin kejujuran akan sukses dengan didukung bersama dari warga sekolah. Program tersebut tidak hanya keinginan dari atasan, akan tetapi kebijakan pemerintah justru patut diberikan apresiasi yang tinggi dengan mensukseskannya secara bersama.

Bukan berarti program ini menambah beban bagi sekolah, terutama bagi guru. Justru melalui program ini mempermudah guru untuk mendidik akhlak siswa. Sebab, tugas guru tidak hanya melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas tetapi lebih dari itu guru turut bertanggung jawab dalam membina kepribadian siswa.

Kantin kejujuran adalah kantin yang menjual makanan kecil dan minuman.Kantin kejujuran tidak memiliki penjual dan tidak dijaga. Makanan dan minuman dipajang dalam kantin. Dalam kantin tersedia kotak uang, yang berguna menampung pembayaran dari yang membeli makanan atau minuman. Bila ada kembalian, pengunjung mengambil dan meghitung sendiri uang kembalinya dari dalam kotak tersebut.

Di kantin kejujuran ini, kesadaran pengunjung sangat dituntut untuk berbelanja dengan membayar dan mengambil uang kembalian jika memang berlebih, tanpa harus diawasi oleh penjaga kantin. Salah satu motto yang ditanamkan dikantin kami adalah Allah Melihat Malaikat Mencatat.

Keberadaan kantin di sekolah adalah salah satu sarana yang sangat dibutuhkan,terutama oleh siswa. Banyak diantara siswa yang tidak sempat untuk makan di rumah, oleh karena itu siswa biasanya mengisi waktu istirahat untuk menyempatkan makan ataupun hanya mengisi luang saja. Maka tidak dapat dipungkiri,bahwasanya pada jam istirahat kantin selalu terlihat ramai. Di sekolah terutama SMP Negeri 1 Siantan terdapat beberapa macam kantin, yaitu : Kantin kejujuran, kantin perlengkapan sekolah dan kantin biasa yang ada di sekolah kami.

Pada awalnya ada siswa yang tidak jujur dalam membayar minuman yang diambil, hal ini yang mengakibatkan bangkrutnya kantin kejujuran bahkan ada beberapa siswa yang tidak membayar sama sekali atas minuman yang diambilnya, tentunya hal ini terlihat dari adanya kamera CCTV yang dipasang disekitar kantin kejujuran. Hal ini menunjukan bahwa tingkat kejujuran siswa sangat rendah. Ini juga bisa terjadi karena tidak adanya pembiasaan dalam keluarga serta masyarakat untuk berperilaku jujur.

Dengan berjalannya waktu lama kelamaan siswa terutama siswa SMP Negeri 1 Siantan sudah mulai berperilaku jujur, ini terlihat dari banyak keuntungan yang didapat pada kantin kejujuran. Dengan adanya kantin kejujuran Insyaallah siswa bisa membentuk karakter dan membina akhlak yang mulia.***