Pasca Gerbangdutas, Diskominfotik Survei Lokasi Pengembangan Infrastruktur Telokomunikasi di Anambas

0
106
Saat peninjauan pemasangan jaringan kabel optik oleh Pejabat Telekomsel di Anambas

TAREMPA, AnambasPos.com  Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kominfo Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Jeprizal, S. Kom, MP,  hari ini, Rabu (18/03/2020), bersama Tim Teksnis Diskominfotik KKA, melakukan survey pada beberapa titik lokasi pengembangan dan peningkatan infrastruktur jaringan telekomunikasi di KKA.

Meninjau loksi di Kecamatan Siantan Timur

Survei itu dilakukan terkait rencana pihak Telekomsel yang akan memperluas dan meningkatkan jaringan layanan 4G LTE pada beberpa lokasi di KKA, sebagai tindaklanjut pasca Pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) oleh Pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Poltik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia (Kemenkopolhukam RI) pada 16 Maret 2020 kemarin.

“Kita melakukan survei ke beberapa titik lokasi yang akan dibangun infrastruktur telekomunikasi oleh pihak Telkom group sebagai tindaklanjut pasca pencanagan Gerbangdutas,” kata Kadiskominfotik KKA, Jeprizal kepada AnambasPos.com melalui pesan whats app pribadinya, Rabu (18/03/2020).

Pihak Telkom Group kata Jeprizal, ikut hadir pada saat Pencanangan Gerbangdutas di KKA kemarin. Sejumlah Pejabat Telkomsel, hadir pada kesempatan tersebut. Diantaranya, Deputy EVP Telkom Sumatra, Bambang Haryasena, GM Witel Kepulauan Riau, Munawwir, GM Telkomsel Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng) Alvo, Manajer Service Network Area Kepri, Andi Suapri dan beberapa Tim Telkomsel lainnya.

Saat berada di loksi

“Kedatangan Pejabat Telkom Group itu, sekaligus meninjau mulainya kegiatan Pekerjaan Penggalian Fiber Optik Indihome Telkom di Kecamatan Palmatak dan Kecamatan Kute Siantan,” terang Jeprizal.

Ketika itu tambah Jeprizal, pihak Telekom Group melakukan pegelaran kabel optik telkom di dua kecamatan tersebut secara simbolis. “Pengeluaran kabel optik telkom di dua kecamatan tersebut sebagai tanda bahwa Telkomsel berkomitmen untuk melanjutkan pembangunannya di perbatasan NKRI,” ungkap Jeprizal.

Menurut Jeprizal, kabel optik yang sedang mulai dilakukan oleh Telkom itu nantinya, akan menghubungkan site bts tower Tebang Ladan sampai ke Desa Putik dan kemudian sampai ke Desa Payakmaram. Selain menghadirkan layanan produk Indihome Telkom untuk masyarakat, juga telkomsel akan meningkatkan layanan 4G LTE Bts Tower Telkomsel , yang mana kabel yang membentang. Baik kabel tanam, maupun kabel udara yang melewati desa – desa di dua kecamatan tersebut.

“Pejabat Telkomsel bersama Diskominfotik KKA  ketika itu juga, mengunjungi sejumlah titik lokasi di beberapa kecamatan untuk dilakukan pemetaan dalam rencana peningkatan layanan sinyal 4G LTE Telkomsel di Wilayah KKA,” jelasnya.

Pemerintah Daerah (Pemda) KKA pun lanjut dia, mengapresiasi komitmen pihak Telkomsel untuk meningkatkan layanan  telekomunikasi di KKA  sebagai daerah perbatasan. “Semoga Anambas secepatnya merasakan merdeka sinyal 4G LTE . Sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat, mempercepat pertumbuhan ekonomi digital sebagaimana yang telah menjadi program pemerintah pusat,” imbuhnya.

Laporan dan Editor : Asril Masbah