Cegah Covid 19, Wako Syahrul Keluarkan SE ke Masjid, Surau dan Musholla

0
51
Cegah Covid 19, Wako Syahrul Keluarkan SE untuk Masjid, Surau dan Musholla

Tanjungpinang, AnambasPos.com Walikota Tanjung Pinang, Syahrul, S. Pd, mengeluarkan Surat Edaran (SE) kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), Surau dan Musholla se – Kota Tanjungpinang, pada Senin (30/03/2020). SE bernomor: 422 / Kesra Tahun 2020 itu, berisikan tentang Himbauan Pencegahan Covid-19 di Masjid, Surau dan Musholla se – Kota Tanjungpinang.

SE itu dikeluarkan sebagai tindaklanjut dari Fatwa Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tentang Penyelenggaraan Ibadah di masjid, surau dan musholla dalam situasi pandemic virus tanggal 27 Maret 2020.

“Pertama, tidak menyelenggarakan Sholat Jum’at sampai kondisi telah kembali normal. Jama’ah dapat menggantinya dengan Sholat Zhuzur di kediaman masing-masing. Kedua, tidak melaksanakan Sholat Lima Waktu secara berjamaah, namun murotal, tarhim. Namun adzan tetap dikumandangkan sebagaimana biasanya untuk tetap tegaknya syiar Islam,” begitu poin alam SE tersebut.

Sementara untuk jamaah, seperti yang masih tertuang dalam SE itu, diminta agar melaksanakan sholat berjamaah di rumah masing-masing, sampai kondisi kembali normal. Ketiga, tidak menyelenggarakan kegiatan keagamaan yang melibatkan banyak orang. Baik di masjid, surau, musholla dan atau tempat lainnya sampai kondisi kembali normal.

Keempat, diminta kepada DKM, surau, dan musholla, agar mendata jamaah yang kurang mampu sekaligus mengalokasikan KAS masjid, surau dan musholla, untuk membantu perekonomian jamaah yang kurang mampu saat ini sangat memerlukan.

“Demikian disampaikan untuk dilaksanakan. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih. Semoga dapat memutus mata rantai penyebaran covid 19 di Kota Tanjungpinan,” sebut Walikota Tanjungpinang, Syahrul, S. Pd seperti tertulis pada bagian penutup SE tersebut.

Laporan : Chika Puteri

Editor : Aasril Masbah