Kades Batu Berapit Manfaatkan Hasil Tanaman Menjadi Bahan Anti Septic

0
81

BATU BERAPIT, AnambasPos.com – Pencegahan Penyebaran Covid 19 terus digalakkan di seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA). Sistim social distancing maupun pola hidup sehat bagi masyarakat terus diterapkan.

Mengolah tanaman menjadi bahan anti septic

Memperhatikan hal tersebut, Kepala Desa Batu Betapit, Umar Lisman mencari solusi bersama Jajaran Pemerintahan Desa (Pemdes) Batu Berapit, untuk mengatasi kekurangan bahan anti septic bagi masyarakat.

Bahan anti septic dari alam sekitar pun dicoba untuk dipergunakan sebagai pembersih tangan.Daun Sirih dan Buah Jeruk Nipis untuk dijadikan Bahan Anti Septik pembersih tangan.

“Kita manfaatkan tanaman di sekitar perkebunan di Desa Batu Betapit, kita olah bersama untuk dijadikan bahan pembersih tangan yang anti septik,” begitu penjelasan Kades Batu Berapit,bUmar Lisman kepada Anambas Pos.com saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (01/04/2020).

Hal tersebut dilakukan karna sulitnya mencari sabun pembersih pada saat wabah Corona yang sedang melanda hampir di setiap daerah pada saat ini.

” Untuk mencari sabun anti septik disaat seperti sekarang ini sangat langka, dimana-mana semuanya memperebutkan barang tersebut, lagi pula di daerah kepulauan seperti tempat kita ini, kita hanya bisa berharap pada kapal kargo pengangkut barang yang biasanya membawa barang untuk mendapatkan barang tersebut.” ujar umar

Dihubungi terpisah melalui pesan wats’app, Camat Jemaja, Abdullah Sani.SPd menanggapi dengan baik terobosan yang dijalankan Kades Batu Berapit, dan untuk lebih baiknya, Sani menyarankan agar pihak Desa Batu Betapit melakukan koordinasi kepada pihak kesehatan setempat.

“Kita tanggapi dengan baik apa yang menjadi terobosan Kades Batu Berapit. Apalagi dalam situasi seperti ini. Untuk lebih baiknya pihak Kades Batu Berapit harus berkoordinasi dengan pihak kesehatan setempat dalam peracikanya. agar dosis takaranya bisa sesuai medis,” ungkap Sani

Sani juga berharap agar terobosan tersebut bisa menjadi contoh oleh Desa lain di Kecamatan Jemaja. “Semoga terobosan Kades Batu Berapit ini bisa menjadi contoh untuk Desa lain di Kecamatan Jemaja.” harap Sani

Laporan. : Slamet
Editor. : Asril Masbah