Lagi – lagi KIA Ditangkap, Danlanal Tarempa : TNI AL Tetap Siaga Amankan Wilayah Teretori RI Meski Suasana Pandemi

0
84
TNI AL saat akan mengevakuasi ABK Kapal berbendera Vietnam di Pelabuhan Lanal Desa Sri Tanjung.

TAREMPA, AnambasPos.com KRI Bung Tomo 357 yang dinakhodai oleh Kolonel Laut (P) Hendro Sugiarto, beserta prajurit berhasil mengamankan satu Unit Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Vietnam beserta 12 orang Anak Buah Kapal (ABK). KIA tersebut diduga telah melakukan ilegal fishing di Perairan Laut Natuna Utara.

Danlanal Tarempa saat berlangsungnya proses pengamanan KIA di Pelabuhan Sri Tanjung, Kabupaten Kepulauan Anambas

Komandan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Tarempa, Letkol Laut (P) Erfan Indra Dermawan saat dikonfirmasi sejumlah awak media mengatakan, KIA dengan nomor lambung KG 90186 DS berbendera Vietnam tersebut, diduga telah melakukan pelanggaran peraturan perikanan yang telah ditetapkan.

“Di hari Minggu tanggal 23 Agustus 2020 sekitar jam 21:40 malam, KRI Bung Tomo 357 sedang melakukan patroli oprasi dibawah kendali Komando Gugus Tempur Laut Koarmada 1. Ketika itu KRI Bung Tomo 357 mendeteksi adanya kegiatan penangkapan ikan yang dilakukan oleh nelayan asing didalam garis landas kontinen,” Terang Erfan. Selasa (25/08/2020).

Erfan juga meyebutkan, Kapal Nelayan asing tersebut, ketika sedang beroperasi melakukan penangkapan ikan didalam garis Kontinen mencoba untuk mengelabui petugas dengan mematikan seluruh lampu penerangan diatas kapal mereka.

“Para nelayan asing tersebut, sempat mencoba untuk mengelabui petugas TNI AL dengan mematikan seluruh lampu penerangan di atas kapal mereka. Kendati demikian, mereka tidak melakukan perlawanan saat KRI Bung Tomo 357 berhasil mengamankan dan mengagalkan kegiatan yang dilakukan oleh mereka,” Jelas Erfan

Erfan menyampaikan juga bahwa, pada saat Pandemi Covid -19  yang sedang melanda ini, namun TNI Angkatan Laut tetap ekxis melaksanakan tugas untuk mempertahankan kedaulatan Republik Indonesi.

“Walaupun saat ini kita dalam kondisi Pandemi Covid-19, namun TNI Angkatan Laut akan tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawab, untuk mengamankan wilayah kedaulatan Rpublik Indonesia,” tegas Erfan.

Sementara itu, untuk menghindari kekhawatiran masyarakat Anambas, Khusunya Tarempa, Lanal Tarempa tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan melakukan karantina terhadap 9 ABK KG 90186 DS di atas kapal yang berhasil diamankan, dan 3 ABK yang terdiri dari Nakhoda, Jurumudi dan KKM, dibawa ke Lanal Tarempa untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Seluruh ABK KIA kita karantina dikapal mereka yang telah kita amamkan, demi menjaga kekhawatiran masyarakat Tarempa akan Covid-19,” ungkap Erfan.

Reporter dan editor : Slamet.