Disparbud Anambas Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Selam

0
78
Peserta pelatihan pemandu wisata saat melakukan pelatihan diving

GALERRY FOTO / ADVERDTORIAL

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), menggelar kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Selam (Diving) untuk meningkatkan sumberdaya di bidang kepariwisataan di daerah. Kegiatan itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Dana Pelayanan Kepariwisataan Tahun Anggaran 2020. Kegiatan berlangsung, di Lokasi Wisata, Desa Belibak, Kecamatan Palmatak, KKA,         .

Bupati KKA, H. Abdul Haris, SH saat memberikan sambutan dan sekaligus membuka rangkaian kegiatan

Kegiatan tersebut diikuti oleh anggota dari sejumlah komunitas diving yang ada di Wilayah KKA dengan menghadirkan instruktur profesional yang didatangnkan oleh pihak Disparbud KKA.

Kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Selam ketika itu, dibuka secara resmi oleh Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH, dihadiri oleh sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) KKA, Tokoh Masyarakat dan stakeholder terkait.

Dalam laporan kegiatannya, Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KKA, Abdul Samad menyampaikan bahwa, kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata itu diikuti oleh sebanyak 42 orang peserta pelatihan yang terdiri dari berberbagai perwakilan dari unsur komunitas diving dan penggiat pecinta alam bahari yang ada di daerah KKA saat ini.

Kabid Kebudayaan Disparbud KKA saat menyampaikan laporan kegiatan

“Peserta pelatihan yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 42 orang. Mereka dari utusan komunitas diving dan pecinta alam bahari yang ada di KKA,” kata Abdul Samad.

Kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata itu juga  kata Samad, dilaksanakan selama empat hari dan telah berjalan dengan baik, lancar dan sukses.

“Kegiatannya kita lakukan selama empat hari dari tanggal 24 hingga 27 Agustus 2020. Pembukaannya berlangsung di Desa Belibak dan untuk basecame pelatihannya di Kusuma Resort, Kecamatan Palmatak. Alhamdulillah berjalan sukses dan lancar,” imbuhnya.

Peseta Pelatihan Pemandu Wisata Selam Disparbud KKA tahun 2020 saat mengikuti pembekalan dari instruktur

Para peserta pelatihan menurut Samad, sangat antusias dan bersemangat mengikuti jalannya tahapan  demi tahapan pelatihan yang diberikan oleh instruktur profesional.

“Para peeserta pelatihan mengikuti kegiatan dengan bersungguh-sungguh dan bersemangat. Mereka menyelesaikan tahapan pelatihan dengan baik dan sempurna,” terang Samad.

Kepala Disparbud KKA, Dr. Maskur, ST, MM  mengatakan bahwa, kegiatan pelatihan pemandu wsiata (diving) tersebut dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk mempersiapkan sumberdaya di bidang pengembangan dunia pariwisata di KKA sebagai sektor potensial daerah  yang harus dikembangkan dan ditingkatkan.

Peserta pelatihan pemandu wisata Disparbud KKA Tahun 2020 saat menjalani pelatihan penggunaan alat-alat diving

“Kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Selam (diving) tersebut untuk mempersiapkan sumberdaya dalam rangka pengembangan dan pemberdayaan potensi parwisata di Kepulauan Anambas,” ungkap Maskur.

Maskur menyebutkan bahwa, potensi pariwisata di KKA saat ini menjadi sektor andalan kabupaten termuda di Provinsi Kepri itu untuk dikembangkan.

“Sektor pariwisata tengah menjadi potensi daerah yang fokus dilakukan pengembangan dan pemberdayaannya saat ini,” ujar Maskur.

Bupati KKA, Abdul Haris, SH foto bersma perwakilan peserta dan instruktur pemandu wisata

Sementara itu, Bupati Kepulauan Anambas, H, Abdul Haris, SH memberikan apresiasi atas dilaksanakan kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Selam (diving) tersebut.

“Saya menyambut baik kegiatan ini, dan semoga akan bermunculan sumberdaya yang dimiliki oleh daerah di bidang pariwisata dengan harapan dunia kepariwisataan di Anambas berkembang dengan baik,”  ucap Abdul Haris.

Narasi : Slamet / Anambas Pos

Foto : Disparbud KKA