Mencermati Gaya Komunikasi Sekda Anambas, Sahtiar, SH, MM, Selalu Menyapa Semua Unsur Pada Setiap Sambutannya

0
115
Sahtiar, SH, MM, Sekda Anambas

Catatan Redaksi (Bagian 1)

Oleh : Asril Masbah, Pemimpin Redaksi Anambas Pos

Pada setiap ingin mengawali sambutannya, biasanya dia selalu menyisihkan waktu untuk terlebih dahulu menyapa satu persatu setiap unsur yang hadir sebagai tamu undangan dalam majelis tersebut. Mulai dari unsur yang paling tertinggi, sampai ke unsur lapisan yang paling bawah sekalipun yang ada dalam majelis itu. Sepertinya, jika tidak melakukan itu, ada yang kurang pas dalam pikirannya.

Tampilannya selalu terlihat sederhana

Begitulah gaya komunikasi seorang Sahtiar, SH, MM, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), yang merupakan orang nomor tiga di KKA. Pejabat penting di Lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) saat ini.

Saya, sebagai seorang pekerja warta yang sudah berpuluh tahun mengenalnya, menjadi salah seorang saksi perjalan sejarah kepemimpinan di KKA. Saya mengenal seorang Sahtiar, sejak masih berada di Kabupaten Natuna dengan posisi yang masih biasa, hingga pindah ke KKA dan menjadi seorang Sekda pada saat ini.

Saya tidak melihat ada perubahan yang terjadi dengan cara-cara dia dalam berkomunikasi, walaupun sudah memegang jabatan tinggi di Pemda KKA. Dia, tetap mersespon cepat setiap konfirmasi yang diminta. Memberikan solusi-solusi ringan dari setiap masaalah yang dialami oleh teman-teman yang menjadi mitra kerjanya sebagai ASN yang memang notabenenya adalah sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat.

Sebagai seorang Wartawan, saya merekam setiap jejak perjalanan kepemimpinan yang terjadi, khususnya di KKA. Fakta itu saya alami sendiri. Begitu juga berdasarkan konfirmasi yang saya minta ke berbagai unsur masyarakat di KKA, yang menyatakan hal yang sama kepada saya. Bahwa, seorang Sahtiar selalu memberikan respon yang sama kepada setiap orang dalam komunikasinya.

Seberat apapun dan se-sepele atau se-remeh-temeh apaun persoalan yang disampaikan kepadanya, selalu ditanggapi secara serius, dengan tidak melihat dari mana latar belakang orang yang menyampaikan keluhan tersebut kepadanya. Walaupun komunikasi itu dilakukan via whats app pribadinya. Pesan yang dikirim, begitu cepat dibaca, direspon dan ditanggapi dengan baik.

Secara jujur saya ingin menyampaikan kepada khalayak, khususnya masyarakat di KKA, bahwa betapa beruntungnya kita memiliki pejabat yang memiliki bawaan sifat yang rendah hati (tawadu’) seperti seorang Sahtiar. Saya berkeyakinan bahwa, atas doa-doa dari banyak orang kepadanya, khususnya dari Masyarakat KKA, dia akan mendapatkan kemudahan dalam segala urusannya. Diberikan jalan keluar dari setiap permaslahan yang terjadi dan kelak akan mengantarkannnya menjadi pemimpin yang mendapatkan tempat dalam hati masyarakat KKA  di masa mendatang. ****

Tulisan ini sebagai bentuk apresiasi atas responsif cepat dan baik dari seorang pejabat terhadap Wartawan. Sikap responsif tersebut sangat membantu bagi seorang Wartawan dalam melakukan konfirmasi menjadi sebuah informasi yang akan disampaikan ke masyarakat luas. Tulisan ini akan saya turunkan secara berkala, dan dikemas dengan bahasa yang sangat sederhana.